Nasional

Tol Cisumdawu akan Beroperasi, Cipali Terdampak?

KABAR SUMEDANG – Tol Cisumdawu ditargetkan beroperasi awal 2020. Jalan tol sepanjang 61,6 kilometer (km) ini terdiri dari 6 seksi ini, yang akan menjadi penunjang Bandara Kertajati di Jawa Barat.

Berdasarkan data monitoring Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), jalan tol ini akan melewati 7 daerah, yakni Cileunyi, Tanjung Sari, Sumedang, Cimalaka, Legok, Ujung Jaya dan Kertajati.

Jika sudah beroperasi, Tol Cisumdawu akan terintegrasi dengan Tol Cipali di KM 152. Mereka yang ingin ke Bandara Kertajati nantinya bisa melalui Tol Cisumdawu dan melanjutkan di Tol Cipali dan keluar di Kertajati KM 159.

Saat ini, mereka yang ingin ke Bandara Kertajati dari Bandung harus melewati Tol Purbaleunyi dan melanjutkan perjalanannya ke Tol Cipali atau memutar. Nantinya, setelah Tol Cisumdawu beroperasi maka jarak dan waktu tempuh bisa dipangkas.

“Tadinya tol lewat Purbaleunyi sampai Kertajati KM 72 sampai KM 159. Dengan adanya Tol Cisumdawu tembusnya KM 152 pakai Cipali 7 km,” kata Wakil Direktur Utama PT Lintas Marga Sedaya Firdaus Azis dalam Media Tur Inspirasi Astra di Tol Trans Jawa, Subang, Minggu (24/2/2019).

Ia menambahkan bahwa lalu lintas Tol Cipali meningkat dengan integrasi Tol Cisumdawu. Namun pendapatan diprediksi mengalami penurunan.

“Traffic naik rata-rata. Turun karen jarak tempuh turun, revenue sedikit turun sementara impact-nya,” tambahnya. (ara/dna)

sumber : finance.detik.com
Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda