Sumedang Siap Biayai Ratusan Ribu Jiwa jadi PBI

KABAR SUMEDANG – Di Kabupaten Sumedang tercatat ada 366.133 jiwa yang menjadi peserta Jamkesmas dan kini otomatis menjadi peserta BPJS. Mereka adalah Peserta Bantuan Iuran (PBI) karena premi BPJS-nya dibayarkan oleh pemerintah.

Namun, Pemkab Sumedang mencatat, masih ada penduduk lain yang terkategorikan miskin tapi tidak tercatat menjadi peserta Jamkesmas. Jumlahnya mencapai 110.578 jiwa.

“Sebelumnya penduduk miskin ini terlindungi dengan Jaminan Kesehatan Daerah (Jameksda) yang sumber bantuan dananya berasal dari APBD Sumedang dan APBD Jawa Barat. Setelah adanya JKN, peserta Jamkesda otomatis harus menjadi peserta BPJS seperti peserta Jamkesmas dengan sebutan PBI,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Sumedang Retno Ernawati, Jumat (30/5/2014).

Retno menjelaskan, pendataan keluarga miskin ini memang tidak menjadi kewenangan atau tugas Dinkes. Namun karena berkaitan dengan pelayanan kesehatan yang harus diterima penduduk miskin ini, Dinkes harus memantau dan mengetahui sejauh mana pemkab sudah melakukan pendataan dan validasi peserta.

Pendataan peserta Jamkesda yang akan segera menjadi PBI menjadi salah satu upaya pemkab dalam meningkatkan pelayanan kesehatan terkait dengan diberlakukannya JKN. Sementara, perhitungan jumlah biaya kesehatan yang akan dikeluarkan pemkab untuk peserta Jamkesda ini adalah Rp19.225 perbulan.

“Kalau untuk premi PBI, pemkab berkewajiban membayar premi perbulannya sebesar Rp19.225 perbulannya,” terang Retno. [rni]

Sumber: inilahkoran.com/read/detail/2105147/sumedang-siap-biayai-ratusan-ribu-jiwa-jadi-pbi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *