Kesehatan

Rumah Sakit Tanpa Kelas Siap Dibangun di Sumedang

KABAR SUMEDANG – Rumah sakit tanpa kelas siap dibangun di Sumedang, tepatnya di Pasir Banteng, Kecamatan Jatinangor. Lahan yang akan digunakan adalah milik Pemprov Jawa Barat, sementara luas lahan yang dibutuhkan untuk rumah sakit sebanyak 4 hektare.

Saat ini, Dinas Kesehatan sedang membuatkan side plan rencana pembangunan rumah sakit. Penyusunan ini baru dilakukan tahap awal saja mengingat ketersediaan lahan pun baru dipastikan baru-baru ini.

“Sekarang sudah ada lahannya, jadi yang kami butuhkan dan gunakan itu sebanyak 4 hektare, dengan status lahan milik pemprov, setelah dipastikan lokasinya maka tahapan selanjutnya menyusun side plan,” kata Kepala Dinas Kesehatan drg Agus Rasjidi, Rabu (11/6/2014).

Rumah sakit tanpa kelas dibangun untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat yang hingga saat ini masih belum bisa dipenuhi oleh RSUD Sumedang, satu unit puskesmas swasta, dan beberapa puskesmas dengan rawat inap di Sumedang.

Menurut Agus, sebenarnya pemenuhan pelayanan kesehatan ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Dinkes pun mendorong pihak swasta untuk membangun rumah sakit di Sumedang untuk membantu pemenuhan pelayanan kesehatan.

“Untuk itu, nanti rumah sakit tanpa kelas ini statusnya bisa jadi milik pemerintah sebagai rumah sakit daerah atau dikelola swasta bekerjasama dengan pemerintah,” kata Agus.

Dalam pelayanan dan perawatan, rumah sakit dikelola tanpa adanya pembedaan jenis dan tingkat pelayanan karena semua pasien dilayani dengan standar yang sama. Standar yang digunakan adalah standar kelas 3 internasional.

“Semua kamar dan pelayanan yang sama dengan standar internasional kelas 3, sehingga tingkat pelayanan lebih seragam efektif dan efisien,” pungkas Agus. [ito]

Sumber: inilahkoran.com/read/detail/2108595/rumah-sakit-tanpa-kelas-siap-dibangun-di-sumedang

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda