Kabar Sumedang

Ribuan warga mengantar ke pembaringan terakhir

WARGA tumpah ruah ke Gedung Negara, mengantar Bupati H. Endang Sukandar ke tempat pembaringan yang abadi di Sindangpalay Kelurahan Pasangrahan Kecamatan Sumedang Selatan. Jenazah diberangkatkan dengan berjalan kaki dari Gedung Negara sekitar pukul 08.00, Minggu pagi (3/11/­2013). Jalan dari Gedung Negara sampai Sindangpalay ditutup sehingga sehinggga lalu-lintas sempat macet hingga pukul 09.00.

Ribuan warga yang terdiri dari berbagai usia mengiringi jenazah yang dilepas secara kenegaraan oleh Wakil Bupati Ade Irawan, yang turut menandu bersama Muspida juga Ketua DPC PPP, Dony Ahmad Munir sampai ke pemakaman yang berjarak dua kilometerdari Gedung Negara.

Jenazah diiringi barisan TNI dan IPDN,kerabat dan keluarga juga masayarakat. Semua warga ingin menyaksikan sampai ke liang lahat yang terus menyemut.  Tak ketinggalan juga Aki Oboy (80) bersama istri dan keluarga yang datang dari Buahdua turut menghantar Bupati Endang ke Sindangpalay.

“Hanjakal teu panggih heula jeung Bapak Bupati, Bapak teh pendukung berat, ti Buahdua dikerahkeun sina milih Pak Haji. Nya begitu jadi bupati ge bapak sowan ka kantor pamarentahan IPP nya , pan ngongkosan harita teh. Kumaha atuh nya ayeuna pa haji geus teu aya mah?” kata Aki Oboy dengan mata berkaca- kaca.

Tidak hanya Aki Oboy yang merasa kehilangan sosok Endang Sukandar,dunia kampus pun demikian,baik para mahasiwa juga para dosen Unsap Sumedang. Seperti dikatakan Ridha­zia, menceritakan saat ia dikopertis dan bertemu dengan Endang Sukandar beberapa waktu lalu, Endang mengatakan ingin melanjutkan sekolah pertanian yang ada di Tanjungsari,mengingat Su­me­dang daerah pertanian yang sudah tersohor sejak jaman kerajaan.

”Sosok beliu memang sangat luar biasa memperhatikan masalah pendidikan,dia ingin mnegembangkan sekolah pertanian yang ada di Tanjungsari karena Sumedang berbasis pertanian juga mengandung sejarah.Tak ada tujuan lain ketika menjadi bupati pun beliau hanya ingin “memeres” Sumedang,” kata Ridhazia. (Emi/KP)***

Sumber : http://www.kabar-priangan.com/news/detail/11395
Tags
Menampilkan lebih banyak

Related Articles

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker