Proses Pemindaian Model C1 Telah Rampung

0
28

KABAR SUMEDANG – KPU Kabupaten Sumedang telah menyelesaikan proses pemindaian Model C1 Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (C1 PPWP) dari 26 kecamatan. “Pemindaian sudah tuntas, dan sudah ter-upload ke website KPU RI,” kata Hersa Santosa, SH, Kadiv Hukum dan Teknis KPU Sumedang.

Menurut Hersa, upload Model C1 ke website KPU bukan hal baru. Pada Pemilu legislatif yang baru lalu, proses ini pun dilakukan .“Tujuannya, tentu saja, agar proses rekapitulasi di KPU berlangsung terbuka dan transparan, sehingga masyarakat bisa ikut mengawal proses rekapitulasi pada tingkatan yang lebih tinggi,” katanya, seraya menjelaskan bahwa Model C1 PPWP adalah Sertifikat Hasil dan Rincian Penghitungan Perolehan Suara di TPS.

Namun, perlu diingat bahwa data C1 yang dikirimkan KPU kota/kabupaten ke KPU RI merupakan hasil yang telah diplenokan pada tingkatannya, dan bukan merupakan hasil final tingkat nasional. “Data tersebut bisa saja berubah sesuai dengan hasil rapat pleno pada tingkat di atasnya atau pada rapat pleno tingkat pusat,” kata Hersa.

Jadwal Rapat pleno rekapitulasi tingkat kecamatan dijawalkan berlangsung pada tanggal 13-15 Juli. “Namun, seluruh kecamatan di Sumedang telah merampungkan rekapnya pada tanggal 13 Juli, atau selesai lebih cepat dari jadwal,” kata Hersa.

KPU Sumedang saat ini tengah melakukan berbagai persiapan untuk masuk ke tahapan Pilpres berikutnya, yakni rapat pleno rekapitulasi tingkat kabupaten.

“Kotak suara yang berisi berbagai dokumen untuk keperluan rekap tingkat kabupaten sudah digeser dari PPK ke KPU Sumedang. Pelaksanaan rekap dijadwalkan pada hari Rabu tanggal 16 Juli,” tandas Hersa.

Sumber: kpud-sumedangkab.go.id/berita/proses-pemindaian-model-c1-telah-rampung

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here