Kabar Sumedang

Peternak Ayam Bisa Merugi

Kualitas DOC Menurun dan Biaya Operasional Meningkat

KABAR SUMEDANG – Ratusan peternak ayam di Desa Sukaraja, Kecamatan Cibugel pesimistis bisa mendapatkan keuntungan yang besar saat memasuki bulan Puasa dan menjelang Lebaran nanti. Prediksi tersebut diungkapkan oleh para peternak karena adanya sejumlah kendala, di antaranya kualitas bibit ayam day old chick (DOC) yang menurun, tingginya harga DOC serta meningkatnya biaya operasinal.

Satu kendala yang justru dikeluhkan warga, yakni kuali­tas bibit yang menurun, akan me­ngakibatkan mortalitas (ang­­ka kematian) semakin ting­gi. Tercatat data mortalitas sa­at ini, menurut peternak, meningkat, dari biasanya yang hanya 5 persen menjadi 10-15 persen.

“Kendalanya ya saat seleksi DOC dari distributor kurang ketat. Kenapa kurang ketat? Karena permintaan akan bibit ayam DOC sangat meningkat. Jadi seleksi bibit asal saja,” ujar Ketua Kelompok Ternak Ayam Sukaraja, Asep Firman (45), Selasa (17/6/2014).

Namun demikian, para peternak terpaksa menerima bibit DOC dari distributor meski kualitasnya menurun dan harganya pun naik. Karena, menurut Asep, stok bibit DOC terbatas dan rebutan dengan ratusan peternak ayam lainnya dari daerah lain.

“Kita sampai beli ke Ta­nge­rang bibit tersebut. Karena me­nge­jar stok untuk penjualan menjelang Lebaran. Kalau tidak me­maksakan tidak akan kebagian. Walau sebenarnya banyak bibit kualitasnya buruk,” tutur­nya.

Asep menyebutkan, dengan kondisi bibit yang kualitas me­nurun tersebut, para peternak dituntut untuk ekstra dalam memelihara sehingga dengan sendirinya akan meningkatkan biaya operasional yang tidak sedikit. Padahal untuk hasil nanti belum bisa diprediksi mengingat angka kematian tinggi dan biaya operasional yang tinggi.

“Meski biasanya ada kena­i­kan harga jual saat nanti menjelang Puasa atau Lebaran tapi kalau melihat angka kematian tinggi dan biaya operasional yang juga tinggi kemungkinan keuntungan juga akan berkurang. Bahkan kalau angka kematian lebih dari 15 persen bi­sa–bisa kami malah rugi,” ujar­nya. Untuk populasi ayam yang ada di peternak Desa Sukaraja, Ke­camatan Cibugel per musim panennya sekitar 150 ribu ekor ayam. E-35***

Sumber: kabar-priangan.com/news/detail/13728

Tags
Menampilkan lebih banyak

Related Articles

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker