Pasar Sandang Sumedang Ditarget Rampung Akhir Tahun

0
68

SUMEDANG — Bupati Sumedang, Eka Setiawan menargetkan pembangunan Pasar Sandang Sumedang (PSS), Jalan Tampomas, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, rampung akhir tahun ini. Meski ditargetkan selesai sekitar Desember nanti, pihak pengembang PT Bangun Jaya Allia (BJA) memperkirakan pembangunannya bisa lebih cepat. Tepatnya sekitar bulan Oktober 2017.

“Dari hasil pengecekan langsung di lapangan, progres pembangunan Pasar Sandang Sumedang oleh  PT BJA hingga kini sudah mencapai sekitar 90%. Paling  telat sampai akhir tahun,  pembangunan fisiknya harus sudah beres. Namun,  mudah-mudahan Oktober sudah selesai dan sudah bisa langsung dipakai oleh para pedagang,” ujar Bupati ketika mengecek proses pembangunan Pasar Sandang Sumedang, Kamis 8 Juni 2017.

Menurut Eka, walaupun dari hasil pengecekan di lapangan masih ada bagian kontruksi yang belum sempurna, hal itu dinilai wajar. Soalnya, pembangunan belum selesai dan masih bisa diperbaiki oleh pengembang. Beberapa bagian bangunan yang harus diperbaiki antara lain masih ada atap beton yang bocor, pemasangan lantai keramik tidak rapi dan cenderung bergelombang.

“Akan tetapi, kalau dibilang kualitas bangunannya jelek atau rendah, saya kira tidak juga. Sebab, pembangunannya belum selesai. Apalagi saya orang teknis, sehingga lebih tahu. Apabila masih ada bagian bangunan yang belum sempurna, pengembang harus memperbaikinya. Apalagi pembangunan Pasar Sandang ini, dibangun dari anggaran swasta. Kalau memang bangunannya kurang bagus, bisa-bisa konsumennya kurang puas,” kata Eka.

Bupati Sumedang cek pembangunan pasar

Sarana penunjang Pasar Sandang

Ia juga mengatakan, seandainya Oktober pembangunan pasar sudah bisa diselesaikan, para pedagang yang berjualan di tempat penampungan sementara (TPS) bisa langsung digeser untuk mengisi Pasar Sandang. TPS yang kini digunakan para pedagang terletak di sekitar Taman Endog.

Jika para pedagang sudah pindah menempati kios barunya, lokasi di sekitar Taman Endog akan segera dibangun lapangan parkir hingga beberapa lantai. Lapangan parkir kendaraan itu juga akan dikolaborasikan dengan membangun sejumlah tempat kuliner.

“Nah, dengan pembangunan lapangan parkir yang dipadukan dengan tempat kuliner, Sumedang  nambah satu lagi fasilitas di perkotaan,” ujar dia. ***

Sumber : pikiran-rakyat.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here