Kabar Sumedang

Lahan Eks Galian C Banyak yang Telantar

KABAR SUMEDANG, – Pemandangan tak sedap mengganggu kenyamanan di beberapa titik Galian C yang terlantar di Kabupaten Sumedang. Berdasarkan data yang ada di Dinas Pertambangan dan Sumberdaya Energi (Distamben) Kabupaten Sumedang, jumlah lokasi Galian C di Sumedang itu seluruhnya mencapai sekitar 186 titik.

Dari sekian banyak titik yang dijadikan kawasan tambang tersebut, seratus titik Galian C di antaranya, kini statusnya sudah tidak aktif alias tidak difungsikan lagi sebagai lokasi tambang.

“Ratusan titik Galian C tadi tentu beraneka ragam, ada eksplotiasi pasir, batu andesit ada juga tanah. Lokasi galiannya pun berbeda, ada yang di darat ada juga di aliran sungai,” kata Kepala Distamben Sumedang, Surrys Laksana Putera, kepada wartawan belum lama ini.

Namun yang jadi permasalahan, kata Surrys, dari sekitar seratus titik lahan bekas Galian C yang telah disebutkan tadi, 30 persen di antaranya ternyata malah ditinggalkan begitu saja oleh para pengusahanya, tanpa direklamasi terlebih dahulu.

Padahal seperti diketahui, reklamasi ini merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan para pengelola atau pengusaha galian di lokasi bekas penambangannya.

“Kenyataanya hampir 30 persen pengusaha Galian C di Sumedang tidak melakukan reklamasi pada bekas tambangnya,” ujarnya.
Oleh karena itu, 30 persen eks Galian C tersebut, kini menjadi target utama Pemkab Sumedang untuk dilakukan reklamasi. Lokasi yang belum direklamasi ini sebagian besar diantaranya berada di sekitar kawasan kaki Gunung Tampomas,

“Lahan eks galian yang 30 persen ini memang sudah menjadi perhatian kami. Hanya saja untuk pelaksanaan reklamasinya kemungkinan akan dilakukan secara serempak dan menyeluruh,” katanya. E-27***

Sumber : http://www.kabar-priangan.com/news/detail/12753

Tags
Menampilkan lebih banyak

Related Articles

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker