Ekonomi

Jalan di Perbatasan Buruk, Bupati Sumedang Malu

Sumedang – Bupati Sumedang Endang Sukandar mengaku malu ketika sedang mengurus peningkatan infrastruktur di kawasan perbatasan Sumedang dengan kabupaten lain. Pasalnya, kondisi infrastruktur di kabupaten tetangga jauh lebih baik.

“Kalau diceritakan, saya malu ketika melihat ternyata kondisi infrastruktur di kabupaten lain lebih bagus, lebih maju dan hebat, “ kata Endang, Jumat (18/10/2013).

Dia mencontohkan, kondisi jalan, jembatan, dan irigasi yang berada di daerah perbatasan seperti Buahdua-Subang, Sukasari-Lembang, dan Cibugel-Garut kualitasnya di bawah kabupaten tetangga.

Dituturkan Endang, warga Cibugel lebih memilih beraktivitas ke Garut karena jalan menuju Garut lebih bagus daripada menuju ibukota kecamatan di Cibugel. Warga pun lebih banyak berbelanja ke Garut, apalagi saat jelang lebaran dan tahun ajaran baru.

“Ketika saya mengutarakan rencana ini kepada pemerintahan setempat di kabupaten tetangga mereka malah menanggapinya biasa saja, karena memang kondisi infrastruktur mereka sudah bagus, artinya, kabupaten tetangga diuntungkan dengan mobilitas warga Sumedang ke wilayahnya,” kata Endang.

Meski demikian, Endang justru lebih terpacu untuk menyelesaikan rencananya yaitu membuat jalan, jembatan, dan irigasi di sekitar daerah perbatasan dalam kondisi bagus.

Dengan infrastruktur di perbatasan yang lebih baik, dia berharap akses menuju Sumedang akan semakin banyak. Selama ini akses menuju Sumedang hanya melalui wilayah barat yaitu Jatinangor, wilayah timur di Wado, dan wilayah utara di Tomo.

“Jika ada banyak akses jalan maka banyak warga luar kota yang mau singgah di Sumedang dan melakukan aktivitas ekonominya di kota tahu ini,” kata Endang. [hus]

Sumber : http://www.inilahkoran.com/read/detail/2039465/jalan-di-perbatasan-buruk-bupati-sumedang-malu

Tags
Menampilkan lebih banyak

Related Articles

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker