Kabar Sumedang

Distamben Kab. Sumedang akan Pasang PJU di Perkotaan

KABAR SUMEDANG, – Dinas Pertambangan Energi dan Pertanahan (Distamben dan Pertanahan) Kab. Sumedang, tahun ini akan memasang sejumlah PJU (Penerangan Jalan Umum) di jalan protokol Sumedang kota, dari mulai Bundaran Alamsari di Kec. Sumedang Utara hingga Pasanggrahan, di Kec. Sumedang Selatan.

Sejumlah ruas jalan yang akan diterangi lampu PJU, antara lain Jln. Pangeran Kornel, Prabu Geusan Ulun dan Jalan Mayor Abdurachman.

“Intinya jalan protokol perkotaan akan terang benderang dengan lampu-lampu PJU. Istilahnya huntu murag oge bisa kapanggih (gigi jatuh juga bisa ditemukan-red),” kata Kepala Distamben dan Pertanahan Kab. Sumedang, H. Surrys Laksana Putra seraya berkelakar di ruang kerjanya, Kamis (13/2/2014).

Menurut dia, lampu PJU di jalur protokol akan memakai tiang-tiang hias dengan ornamen yang antik. Itu sengaja dilakukan guna menambah keindahan dan kenyamanan suasana kota terutama di malam hari.

“Pemasangan lampu PJU di jalan protokol Sumedang kota, sudah dianggarkan dalam APBD tahun ini. Hanya berapa jumlah titiknya, saya kurang tahu persis harus lihat datanya dulu. Namun yang pasti, jalur kota dari Bundaran Alamsari hingga Pasanggrahan akan terang benderang dan lebih indah lagi di malam hari,” tuturnya.

Selain di jalan protokol Sumedang kota, kata dia, pemasangan PJU pun akan dilakukan di jalur alternatif Jalan Cadas Pangeran Atas (CPA) di Kec. Sumedang Selatan hingga Kec. Tanjungsari.

Pemasangan PJU itu, selain untuk memberikan kenyamanan, juga keamanan bagi para pengguna jalan. Pasalnya, di jalur Jalan CPA hingga Tanjungsari rawan kecelakaan dan longsor.

“Makanya, kita terangi dengan lampu PJU supaya lebih aman. Sementara di jalan Cadas Pangeran Bawah (CPB), sudah terpasang beberapa titik PJU. Cuma memang, jumlahnya perlu ditambah dan lampunya akan diganti dengan yang lebih terang,” ucap Surrys.

Ditanya ruas Jalan Prabu Gajah Agung/Bypass tepatnya di depan gedung Induk Pusat Pemerintahan (IPP) Pemkab Sumedang tampak masih gelap, ia tak memungkiri hal itu. Namun, di Jalan Bypass kemungkinan tahun ini belum bisa dipasang PJU. Pasalnya, di ruas jalan itu akan dibangun jalur lambat oleh Dinas Pekerjaan Umum (DPU).

“Seandainya jalur lambatnya sudah dibangun, baru lah kami akan memasang PJU. Kalau dipasang sekarang, khawatir akan dibongkar lagi ketika dibangun jalur lambat. Meski demikian, kalau pemasangan PJU dinilai darurat dan mendesak guna mengantisipasi kecelakaan kendaraan dan memberikan kenyamanan para pengguna jalan, bisa saja kita pasang. Kalau nanti dibangun jalur lambat, tinggal dipindahkan saja tiang PJU-nya,” tuturnya. (A-67/A-89)***

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/node/270020

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda