Kabar Sumedang

Bupati Minta PT Kahatex Bongkar Lantai Yang Tutupi Selokan

KABAR SUMEDANG – Bupati Sumedang H. Ade Irawan meminta kepada pihak PT Kahatex di Kec. Cimanggung untuk membongkar lantai yang menutupi selokan di dalam kawasan perusahaan.

Dengan membongkar lantai tersebut, bisa mengurangi banjir yang selalu menggenangi Jalan Raya Bandung-Garut hingga mengganggu arus lalu lintas kendaraan, terutama di depan PT Kahatex.

“Kalau lantai yang menutupi selokan dibongkar semuanya, airnya akan mengalir lancar tanpa tersumbat lagi. Walaupun pembongkaran lantai ini tidak akan mengatasi banjir secara keseluruhan, minimal bisa mengurangi banjir ke jalan. Pembongkaran lantai yang menutupi selokan itu, sama dengan saran yang sebelumnya disampaikan Pak Kapolda,” kata Bupati Sumedang, H. Ade Irawan saat meninjau beberapa selokan yang masih tertutup lantai di dalam kawasan PT Kahatex, Rabu (7/5/2014).

Bupati meninjau ke selokan PT Kahatex didampingi perwakilan PT Kahatex Cecep Gunawan bersama rombongan pejabat, seperti Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kab. Sumedang Agus Sukandar, Kabag Humas Asep Tatang dan Camat Cimanggung Asep Djanuar

Lebih jauh Ade menjelaskan, perlunya pembongkaran semua lantai yang menutupi selokan itu, hasil pengecekan langsung kondisi selokan di dalam kawasan PT Kahatex. Terlebih PT Kahatex sudah bersedia semua lantai yang menutupi selokan dibongkar.

“Tadi kan saya diminta saran dan petunjuk oleh PT Kahatex. Saran saya setelah hasil pengecekan, semua lantai yang menutupi selokan harus dibongkar dan PT Kahatex bersedia membongkarnya,” ujarnya.

Meski pihak perusahaan sudah membuat beberapa bak kontrol di aliran selokan tersebut, lanjut dia, dinilai tidak akan berfungsi efektif guna mengurangi banjir.

Karena sepanjang selokannya tertutup lantai, aliran air tetap akan tertahan dan tersumbat hingga airnya tak akan mengalir lancar. “Oleh karena itu, solusinya tetap lantai yang menutupi selokan mesti dibongkar,” tutur Ade.

Dikatakan, untuk pembongkaran tersebut, Pemkab Sumedang akan berkoordinasi dengan Pemprov Jabar untuk mempercepat izin pembongkarannya.

Hal itu, agar banjir yang menggenangi ruas Jalan Bandung-Garut secepatnya bisa berkurang. “Kami akan berkoordinasi dulu dengan provinsi terkait izin pembongkarannya,” ujarnya

Sebelumnya, perwakilan PT Kahatex, Cecep Gunawan mengatakan, pihaknya mengaku sudah mengambil langkah penanggulangan banjir dengan membuat bak kontrol di tiga titik di aliran selokan tersebut.

Pembuatan bak kontrol itu untuk mengontrol aliran air ketika hujan besar. Jika selokan meluap akibat pendangkalan, akan dilakukan pengerukan.

“Itu langkah yang kami lakukan. Akan tetapi, kami mohon Pak Bupati memberikan saran dan petunjuk solusinya,” kata Cecep. (Adang Jukardi/A-89)***

Sumber: pikiran-rakyat.com/node/280615

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda