Kabar Sumedang

Angin Puting Beliung Terjang Sumedang, Puluhan Rumah dan Tiga Hektare Sawah Rusak

KABAR SUMEDANG – Angin puting beliung melanda Dusun Babakan Hurip, RW 8, Kelurahan Kota Kaler, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, Sabtu (23/2/2019) petang.

Empat rumah dilaporkan mengalami rusak berat dalam peristiwa itu.

Total ada 22 rumah yang rusak. Angin puting beliung juga merusak 3 hektare lahan padi dan sejumlah fasilitas umum lainnya.

“Ada 4 rumah yang rusak berat akibat angin puting beliung kemarin. Selain itu 3 hektare lahan padi usia tanaman 2,5 bulan milik petani rusak dan terancam gagal panen,” ujar Ketua RW 8, Asep Subita, di lokasi, Minggu (24/2/2019) siang.

Asep mengatakan, fasilitas umum seperti masjid dan sarana prasarana lingkungan lainnya juga mengalami rusak ringan.

“Untuk masjid hari ini mulai diperbaiki secara swadaya oleh warga. Untuk 4 kepala keluarga yang rumahnya rusak berat sementara ini sudah dievakuasi dan tinggal di rumah keluarganya untuk sementara,” ucapnya.

Asep berharap, Pemkab Sumedang turun membantu warga yang terdampak bencana angin puting beliung.

“Baru dari BPBD yang membantu evakuasi. Kami berharap Pemkab Sumedang turun membantu, khususnya bantuan berupa material bangunan untuk warga yang rumahnya rusak berat,” ucapnya.

Seorang petani Acuh Cahyaman (55) mengaku akibat kerusakan lahan padi seluas 3 hektar ini, 12 petani merugi sekitar 20 kuintal padi.

“Kalau melihat kerusakan seperti ini pastinya tidak akan bisa dipanen. Soalnya ini tanaman padi juga baru umur 2,5 bulan. Kami berharap pemerintah membantu meringankan kegagalan panen ini. Dari 3 hektare biasanya menghasilkan tidak kurang dari 20 kuintal,” katanya.

sumber : jabar.tribunnews.com
Tags
Menampilkan lebih banyak

Related Articles

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker