Warga Tuntut Kembali Pembongkaran Rumah Ibadah

0

Sumedang – Warga Desa Mekargalih Kecamatan Jatinangor mendesak Pemerintah Kecamatan Jatinangor untuk segera membongkar bangunan yang dijadikan tempat ibadah agama kristen. Warga menilai tempat ibadah tersebut liar karena tidak mempunyai izin bangunan.

Tuntutan ini disampaikan warga karena mereka sudah kesal dengan pemerintah yang tidak mengambil sikap. Padahal di rumah ibadah ini sudah tidak diperbolehkan melakukan peribadatan sesuai Putusan Pengadilan Negeri No 10/Daf.Pid. C (TPR).2011/PN.SMD tertanggal 13 Oktober 2011.

Aktivitas peribadatan ini sempat digugat warga melalui pengadiilan. Sementara, jika berdasarkan Pasal 4 Perda Nomor 2 Tahun 2000 tentang Bangunan di Kabupaten Sumedang juncto Pasal 2 Perda Nomor 4 Tahun 2000 tentang Retribusi IMB, bangunan ini sudah menyalahi aturan.

“Kami mendesak dan menuntut pemerintah kecamatan untuk segera membongkar rumah ibadah dan bangunan ilegal tersebut,” kata Engkos Koswara, warga Desa Mekargalih ketika melakukan aksi protes di Kantor Kecamatan Jatinangor, Selasa (17/12/2013).

Bangunan yang berada di RT 01 RW 08 Desa Mekargalih, Kecamatan Jatinangor ini sudah sejak 1987 digunakan untuk beribadah penganut agama kristen. Namun sejumlah warga menyatakan keberatannya dengan aktivitas ibadah di bangunan tersebut karena pemilik bangunan Maukar Benhard tidak mengantongi izin menyelenggarakan peribadatan dan mendirikan rumah ibadah seperti layaknya pembangunan tempat ibadah lainnya.

Pada 2011, rumah ibadah ini sudah pernah digugat hukum oleh warga. Melalui putusan pengadilan tersebut, rumah ibadah ini harus ditutup dan tidak boleh dilakukan kegiatan ibadah. Namun sampai kini, aktivitas ibadah masih saja ada. Pada Januari 2013 lalu, warga kembali memprotes aktivitas ibadah ini.

“Kami sudah berulang-ulang memprotes aktivitas ibadah ini namun pemilik bangunan tetap saja mengadakannya,” ungkap Engkos yang meminta pemkab tegas dengan keputusannya pada Januari 2013 lalu yang menyebutkan akan segera membongkar rumah ibadah meski harus menempuh beberapa prosedur hukum. [rni]

Sumber : http://www.inilahkoran.com/read/detail/2057165/warga-tuntut-kembali-pembongkaran-rumah-ibadah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here