Warga di Sekitar PLTA Jatigede Belajar Mengolah Kuliner Pisang dan Pemasarannya

0

PT PLN mengadakan Pelatihan Kuliner Bahan Baku Pisang dan Mangga serta Strategi Pemasaran untuk Pelaku UMKM di sekitar PLTA Jatigede. Pelatihan ini diikuti oleh 50 peserta dari 4 desa di sekitar PLTA. Pelatihan yang digelar selama tiga hari di halaman depan Kantor Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang ini untuk mendorong pelaku UMKM kembangkan produk lokal.

Buah pisang dan mangga memang banyak tumbuh di lingkungan sekitar PLTA Jatigede. Besarnya hasil panen yang didapat setiap bulannya menjadi peluang yang dimanfaatkan PLN dan warga untuk memproduksi makanan dengan nilai jual yang lebih tinggi.PLN melihat potensi yang ada di Jatigede perlu untuk dikembangkan agar perekonomian warga meningkat.

“Sangat disayangkan jika hasil panen buah pisang dan mangga ini dijual begitu saja. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan produk yang diolah memiliki nilai jual lebih tinggi sehingga dapat meningkatkan ekonomi warga disini,:”kata Deputi Manajer Hukum dan Komunikasi PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah I, Efrizon di Jalan Karawitan Bandung, Selasa (16/5/2017).

Menurutnya, program pelatihan pengolahan makanan ini merupakan serangkaian program CSR PLN UIP JBT I yang sebelumnya sudah dilaksanakan di sekitar lokasi PLTA Cisokan di Bandung Barat. Antusias dari peserta warga terlihat dari semangatnya dalam mengikuti setiap instruksi yang disampaikan oleh Ibu Dewi, salah satu pelatih kuliner yang direkrut oleh PLN.

Bersamaan dengan acara Pelatihan Pembuatan Produk Makanan, PLN juga menyerahkan bantuan CSR lainnya untuk warga Desa Cipeles Kecamatan Tomo yaitu Pekerjaan Pembuatan Lapangan Voli Desa Cipeles. Bantuan diserahkan langsung oleh DM Hukum dan Komunikasi PLN UIP JBT I didampingi Asisten Manajer PLTA Jatigede kepada Kepala Desa Cipeles. (tif)

sumber : jabar.tribunnews.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here