Subagio, “Semua Persyaratan Pilkades Margaluyu Sesuai Aturan”

0

JATINANGOR  – Sejumlah warga di Kecamatan Tanjungsari dijejali rumor terkait dugaan pelanggaran Pilkades Margaluyu yang digelar baru-baru ini. Bukan hanya itu, warga pun ramai membahas kabar permasalahan tersebut sedang dalam proses hukum di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

Informasi yang berhasil dihimpun wartawan, hasil Pilkades Margaluyu sempat dipersoalkan sebagian warga. Sebab salah seorang calon kades, NN, diduga memiliki data kependudukan yang tidak jelas.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Sumedang, Subagio menanggapi dingin rumor tersebut.

Dijelaskannya, jika memang benar terjadi persoalan dalam Pilkades Margaluyu, maka sudah bukan lagi kewenangan BPMPD. “Kami menilai dalam Pilkades Margaluyu tak ada persoalan dan sudah sesuai aturan. Itu jika diukur sesuai tupoksi BPMPD,” katanya.

Namun jika dugaan permasalahan kependudukan itu benar maka hal itu menjadi kewenangan Disdukcapil, yang tentu saja akan diproses di bagian hukum pemda.

Aturan main pilkades sudah sangat jelas, termasuk perihal persyaratan calon kades, seperti data kependudukan.

BPMPD menilai, persyaratan semua calon Kades Margaluyu sudah sesuai aturan. Karena data tersebut sesuai dengan rekomendasi dari Disdukcapil Kabupaten Sumedang.

“Jujur saja, sebenarnya saya kurang memahami secara mendetail terkait dugaan permasalahan tersebut. Hanya memang ada selentingan kabar data kependudukan salah seorang calon kades bermasalah,” katanya.

Agar tidak berkepanjangan, masyarakat diminta mengkroscek ke Disdukcapil dan ke bagian hukum pemda.

“Yang pasti, Pilkades Margaluyu sudah sesuai aturan sekaligus berjalan aman dan lancar. Jika memang muncul permasalahan terkait data kependudukan calon kades, saya tegaskan itu bukan ranah BPMPD,” katanya.

Jika calon kades terpilih sudah dilantik oleh bupati, artinya sudah tak ada lagi kejanggalan. “Sangat tak mungkin calon kades terpilih bisa dilantik jika memang melanggar aturan pilkades,” ujarnya.

Perubahan perda

Salah seorang aggota DPRD Kabupaten Sumedang, Komisi A, Ridwan Solichin akan mengusulkan perubahan Perda Pilkades termasuk meninjau ulang beberapa persyaratan calon kades dan aturan terkait masa bakti kades.

“Aturan pilkades harus segera diperbaiki karena pilkades sebuah pertarungan dalam menentukan pemimpin desa dan diikuti masyarakat,” kata Ridwan saat ditemui wartawan di Jatinangor.

Ia menyebut perlu kajian yang matang jika ada warga menilai ada ketidaksepakatan dalam hasil pilkades.

“Kalaupun ada perbedaan pendapat terkait hasil pilkades, sebaiknya warga jangan terlalu mengorek permasalahan itu,” katanya. (B.115)**

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/subagio-semua-persyaratan-pilkades-margaluyu-sesuai-aturan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here