Sekolah Swasta Bisa Merekayasa Kurikulum

0

JATINANGOR – Dengan konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) setiap sekolah swasta diberi kewenangan “merekayasa” kurikulum pendidikan dengan unsur-unsur yang bersifat inovatif tanpa menghilangkan struktur kurikulum nasional. Model pendidikan seperti itu kini diterapkan di lingkungan Yayasan Pendidikan Al Ma’soem, Jalan Raya Cipacing, Kec. Jatinangor, Kab. Sumedang.

“Rekayasa pembelajaran ini dengan cara berinovasi melalui penambahan jam mengajar pada mata pelajaran eksakta dan bahasa Inggris,” kata Direktur Dikdasmen merangkap Staf Ketua Yayasan Pendidikan Al Maso’em (YPA), Ganjar Taufiq, S.Pd. didampingi Dir Dikti Al Ma’soem, Drs. Asep Sujana, M.M. melalui rilisnya, Kamis (12/12).

Menurutnya, sekolah yang berada di bawah binaan Yayasan Pendidikan Al Ma’soem mencoba menangkap peluang itu dengan menetapkan sesuatu yang berbeda dengan menambahkan unsur-unsur keunggulan. “De­ngan program dan manajemen tersebut, dijarapkan lahir generasi cageur, bageur jeung pinter,” kata Ganjar.

Menurutnya, konsekuensi dari konsep ini yayasan harus menyiapkan dana yang tidak sedikit untuk mengakomodasi­nya. “Imbasnya, biaya sekolah yang dibebankan pada peserta didik pun harus lebih tinggi. Tapi semuanya diarahkan pada pelayanan yang menyenangkan bagi peserta didik dan pada gilirannya meningkatkan kualitas peserta didik,” ungkapnya.

Dikatakannya, untuk mening­katkan layanan prima dan ber­kualitas di bidang pendidikan itu, proses pembelajaran di ruang kelas dilengkapi proyektor. Sehingga para guru juga dituntut untuk menguasai teknologi informatika.

“Ini penting bagi para guru karena dalam proses belajar mengajarnya mereka dapat menggali dan memanfaatkan kecanggihan teknologi informatika,” tuturnya.

Dengan penguasaan teknologi pula kegiatan belajar mengajar bisa dilengkapi laptop mempermudah proses.

Layanan lainnya smartboard touch screen di ruang kelas, pengganti whiteboard yang kini bersifat digital dan sarat software informatika. “Jadi memudahkan dan mempercepat proses pembelajaran sehingga ting­kat pemahaman pun mening­kat,” jelasnya. (B.105)**

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/sekolah-swasta-bisa-merekayasa-kurikulum

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here