Rumah Pintar Een Sukesih Gelar Pelatihan Komputer untuk Guru

0

KABAR SUMEDANG – Setelah menggelar “Lomba Media Kreasi Digital” bagi siswa MTs (Madrasah Tsanawiyah), SMP dan SD, Rumah Pintar (Rumpin) Al-Barokah Een Sukaesih di Dusun Batukarut, Desa Cibeureum Wetan, Kec. Cimalaka bekerjasama dengan lembaga South East Asociation Minister of Education Regional Open Learning Centre (SEA MOLEC), kembali akan menggelar pelatihan TIK (Teknik Ilmu Komputer) dan penggunaan internet ICT (Information and Communication Technology) bagi kalangan guru.

Pasalnya, tak sedikit guru yang belum bisa mengoperasikan komputer dan internet. Padahal, pengetahuan komputer dan internet sangat penting di era globalisasi ini, khususnya di bidang pendidikan. Kepiawaian seorang guru dalam mengoperasikan komputer dan internet bisa mentransfer ilmu kepada para siswanya di sekolah.

“Seandainya tidak mengikuti kemajuan zaman yang serba komputer dan internet seperti sekarang ini, bukan mustahil para guru akan ketinggalan zaman. Ini sangat mempengaruhi kemampuan siswanya dalam memahami TIK dan ICT di sekolahnya,” kata perwakilan lembaga South East Asociation Minister of Education Regional Open Learning Centre (SEA MOLEC) Divisi Information Technology Content, Dinul Rokhman di sela-sela “Pemberian Hadiah Bagi Para Pemenang Lomba Media Kreasi Digital sekaligus Menyambut Bulan Ramadhan” di kamar belajar Een Sukaesih di Desa Cibeureum Wetan, Kec. Cimalaka, Senin (16/6/2014).

Ia mengatakan, perlunya pelatihan TIK dan ICT bagi kalangan guru, karena pihaknya masih menjumpai ada guru yang belum bisa mengoperasikan Microsoft Word, Excel maupun internet di sekolahnya. “Siswanya saja sudah pintar mengoperasikan komputer dan internet, masa gurunya tidak! Oleh karena itu, setelah lomba media kreasi digital, kami akan melakukan pelatihan bagi guru,” tutur Dinul.

Di tempat yang sama, Perintis Rumah Pintar Al-Barokah, Een Sukaesih mengatakan, gelaran lomba tersebut selaras dengan program “Jabar Caang Internet”. Diharapkan, melalui lomba tersebut masyarakat Sumedang khususnya para siswa dan gurunya, lebih melek lagi tentang TIK dan ICT. Hal itu terutama bagi MTs, yang cenderung kurang tersentuh karena terkendala sarana komputernya.

“Begitu pentingnya pengetahuan tentang komputer dan internet, semua pihak khususnya di dunia pendidikan harus mendukung program tersebut. Upayanya dengan diperbanyak kegiatan pelatihan, termasuk kepada para gurunya,” katanya. (Adang Jukardi/”PR”/A_88)***

Sumber: pikiran-rakyat.com/node/285533

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here