RSUD Sumedang Tambah Kamar, Calo Bermunculan

0

KABAR SUMEDANG – Rencana penambahan kamar di RSUD Sumedang sudah digulirkan sejak setahun lalu. Hal ini ternyata dimanfaatkan oleh para calo.

Penambahan dilakukan bertahap dari segi jumlah dan lokasi. Misalnya pada tahun lalu, RSUD menambah tempat tidur di kelas 3 unit rawat inap, sementara tahun ini penambahan tempat tidur bagi unit gawat darurat.

Namun, penambahan tempat tidur ini dijadikan objek percaloan. Sejumlah pihak menjanjikan akan mengadakan tempat tidur atau kamar bagi pasien yang akan dirawat inap atau pasca-operasi dengan menyebutkan bahwa kamar tersedia namun masih belum lengkap. Si calo meyakinkan pasien bahwa tempat tidur tersedia padahal nihil.

“Ada ulah calo yang menjadikan tempat tidur jadi objek percaloan dengan memanfaatkan isu bahwa rumah sakit memang sedang menambah sarana tempat tidur,” kata Humas RSUD Sumedang Iman Budiman, Selasa (16/9/2014).

Menurut Iman, rumah sakit akan menindak langsung jika praktik calo tersebut dilakukan pegawai rumah sakit. Namun, jika pelakunya orang luar dia mempersilakan untuk melaporkan kepada polisi.

Sebelumnya, masyarakat sudah mengetahui bahwa RSUD Sumedang kerap kekurangan tempat tidur hingga pasien rawat inap ditempatkan di ruang transit. Namun, setelah ada rencana besar-besaran bakal ada penambahan tempat tidur, kunjungan pasien rawat inap pun meningkat.

“Karena sudah tahu ada penambahan sarana, mereka berobat ke RSUD Sumedang. Ketika pasien harus transit dulu di ruangan, saat itulah calo beraksi,” kata Iman yang beruntung masih bisa meyakinkan pasien jika praktik calo bukan dilakukan rumah sakit.

Dia menambahkan, selain ada daftar tunggu pasien rawat inap, RSUD Sumedang juga kerepotan menempatkan pasien pasca-operasi, terutama operasi non-gawat darurat.

Pasien ini datang ke rumah sakit ketika jadwal operasi sudah ditetapkan, dan ketika selesai operasi, pasien belum mendapatkan ruangan karena masih ada pasien gawat darurat yang lebih membutuhkan tempat tidur.

Saat ini, jumlah tempat tidur di RSUD Sumedang ada 310 buah. Sementara di rumah sakit lain ada sekitar 150 tempat tidur dan 60 lainnya berada di puskesmas dengan rawat inap. [hus]

Sumber : http://www.inilahkoran.com/read/detail/2136507/rsud-sumedang-tambah-kamar-calo-bermunculan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here