RSUD Sumedang akan Terapkan Pendaftaran Pasien Secara Online

0

KABAR SUMEDANG – RSUD Sumedang akan menerapkan pendaftaran pasien di poliklinik secara online. Dengan terobosan tersebut, bisa menghemat waktu 10 menit sehingga pelayanan terhadap para pasien bisa lebih cepat.

“Ini bagian dari upaya kami untuk mempercepat pelayanan kepada para pasien khususnya di poliklinik. Selama ini, pasien harus menunggu cukup lama di rumah sakit karena petugas harus mencari dulu medical record (catatan medis),” kata Direktur RSUD Sumedang, dr. H. Hilman Taufik di RSUD Sumedang, Kamis (14/8/2014).

Ia menyebutkan, pendaftaran online di poliklinik bisa dilakukan dengan mengirimkan pesan singkat (SMS). Caranya, ketik nama, alamat dan nomor cacatan medisnya lalu kirim ke 081394241941. Dengan pendaftaran online tersebut, pasien tidak akan menunggu lama di rumah sakit karena petugas tak perlu repot lagi mencari catatan medisnya.

“Untuk mencari catatan medis secara manual, rata-rata petugas membutuhkan waktu 10 menit. Nah, dengan sistem online ini, waktu 10 menit bisa dipangkas sehingga bisa mempercepat pelayanan. Kami akan menerapkan pendaftaran online dalam minggu ini. Sistemnya sudah siap, tinggal menyiapkan berbagai perangkat dan sarana lainnya,” kata Hilman.

Selain itu, lanjut dia, RSUD Sumedang pun akan membangun gedung 8 lantai untuk rawat inap dan rawat jalan. Pembangunan gedung tersebut, untuk mengejar target penambahan tempat tidur pasien sebanyak 550 unit pada tahun 2018. Sebab, jumlah tempat tidur saat ini sebanyak 350 unit dinilai masih kurang sehingga acapkali tidak bisa menampung jumlah para pasien, khususnya rawat inap.

“Prosesnya sampai sekarang masih lelang projek. Mudah-mudahan November lelangnya selesai sehingga tahun depan bisa mulai pembangunan fisik. Anggarannya Rp 45 miliar dari APBN, APBD provinsi dan kabupaten. Di gedung yang baru 8 lantai itu, nanti ada ruang perawatan gangguan jiwa dan penambahan ruang ICU,” tuturnya. (Adang Jukardi/A-108)**

 Sumber: http://www.pikiran-rakyat.com/node/292882

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here