Ribuan Siswa SD Tidak Melanjutkan Sekolah

1

KABAR SUMEDANG – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumedang akan melakukan penyisiran ke desa-desa supaya semua lulusan SD melanjutkan sekolahnya. Disdik kini merasa ‘hariwang’ masih ada lulusan SD yang tidak melanjutkan pendidikan, padahal masalah wajib belajar di Sume­dang sekarang sudah ingin melangkah ke wajar dikdas (wajib belajar pendidikan dasar) 12 tahun.

Menurut Kepala Disdik, H. Eem Hendrawan, dalam pe­ne­­rimaan peserta didik baru (PP­DB) di Sumedang ternyata masih ada beberapa SMP yang belum memenuhi kuota mu­rid baru. SMP di dalam ko­ta saja, kata Eem, sampai se­ka­rang (1/7, red) ada 3 SMP yang masih kekurangan mu­rid baru.

“Makanya saya jadi hariwang. Sementara kita sudah ingin melangkah ke wajib be­lajar 12 tahun tetapi nyatanya masih ada lulusan SD yang tidak melanjutkan sekolah ke SMP dan lainnya,” katanya di ruang kerjanya, Selasa (1/7).

Menurut Eem, pihaknya, sudah memerintahkan kepada kepala SMP yang masih kekurangan murid tersebut untuk menyisir pemukiman penduduk kalau-kalau masih ada lulusan SD yang tidak melanjutkan pendidikan ke SMP atau MTs. “Pihak kepala sekolah sudah disarankan supaya bekerja sama dengan kepala desa, Ketua RW dan RT untuk mencari siswa lulusan SD yang tidak melanjutkan sekolah supaya melanjutkan sekolah. Bejakeun sakola ka SMP teh ayeuna mah teu mayar, kituh!” kata Kadisdik Eem Hendrawan.

Lulusan SD di Kabupaten Sumedang tahun sekarang ada 19.423 orang, sedangkan yang sudah tertampung ber­dasarkan laporan yang sudah masuk ke Dinas Pendidikan, baik SMP (negeri dan swasta) maupun ke MTs, ada 16.375 siswa. “Jadi kamana 3.000 siswa deui?” kata Eem.

Eem berharap sisanya ter­se­but bisa melanjutkan pen­di­dikan ke jenjang pendi­di­kan yang lebih tinggi termasuk ke pesantren. “Makanya kami juga akan mencari data ke pesantren yang ada di Su­me­dang untuk mengetahui lu­lusan SD yang masuk pesantren tersebut,” kata Eem lagi. E-13**

Sumber: kabar-priangan.com/news/detail/13878

1 KOMENTAR

  1. harus ada aksi kongkrit dari pemerintah kabupaten sumedang terkait masih banyak nya anak sd tidak melanjutkan ke jenjang lebih tinggi, di antaranya memberikan motivasi bahwa sekolah itu penting, memberikan pandangan bahwa sekolah akan menunjang kita hidup lebih baik dengan ilmu, dinas pendidikan bisa bekerja sama dengan mahasiswa atw pelajar untuk menyuarakan bahwa pentingnya sekolah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here