Revitalisasi Pasar Terkatung, Banyak Pihak Rugi

0

KABAR SUMEDANG – Revitalisasi pasar yang sudah direncanakan sejak 2013 awal terkatung-katung karena tahapan tak dilaksanakan dengan baik oleh seluruh tim dan warga pasar. Warga tak mau direlokasi karena harga kios memberatkan.

“Jika terus terkatung-katung, semua pihak akan merugi termasuk warga pasar sendiri loh,” kata Wakil Ketua Komisi B Agus Hermawan, Rabu (7/5/2014).

Agus menjelaskan kerugian-kerugian tersebut yaitu pasar tidak akan kondusif baik dari segi keamanan ataupun kenyamanan. Setelah dibangun Tempat Penampungan Sementara, pasar kelihatan semakin kumuh dan macet. Pembeli semakin enggan ke pasar. Maka yang merugi adalah warga pasar.

Selain itu, pemkab juga akan merugi karena sudah banyaknya fasilitas umum yang dirusak demi revitalisasi pasar ini yaitu Taman Endog yang kini dipakai sebagai tempat berjualan sementara para pedagang makanan. Lahan parkir kini dipakai puluhan kios TPS, begitu pun Jalan Tampomas sebagai salah satu akses menuju pasar juga tersita dengan kios-kios TPS ini. Di jalan ini, angkutan umum sangat padat.

Sementara, pertumbuhan pasar modern terus meningkat. Daya tariknya semakin digemari konsumen. “Jadi kalau terus terkatung-katung seperti ini, pasar Sumedang akan mati dengan sendirinya, apalah gunanya rencana revitalisasi itu,” kata Agus. [rni]

Sumber: inilahkoran.com/read/detail/2098578/revitalisasi-pasar-terkatung-banyak-pihak-rugi

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here