Reformasi Birokrasi Sumedang Resmi Ganti SOTK

0

Sumedang – Susunan dan Organisasi Tata Kerja (SOTK) di Sumedang resmi berubah demi reformasi birokrasi dan pemerintahan.

Sejumlah dinas, asistensi, dan lembaga teknis daerah dirombak dengan cara dipecah dan digabung. Perombakan ini memangkas kebutuhan eselon IIIa dan bidang kerja sehingga dapat menghemat anggaran belanja tidak langsung yaitu dana operasional pelaksanaan urusan wajib dan pilihan.

“SOTK kini sudah resmi diubah, namun memang baru akan efektif para perubahan anggaran nanti. Tapi dipastikan mampu menghemat anggaran opperasional dinas atau badan,” ujar Bupati Sumedang Ade Irawan, Jumat (17/1/2013).

Sebelumnya, Sumedang mempunyai 14 dinas, 8 badan, dan 2 kantor. Sisanya, sektetariat daerah dan DPRD, asistensi, staf ahli, kecamatan dan kelurahan, serta Satpol PP.

Dengan kondisi tersebut, berdasarkan hasil kajian dan evaluasi, organisasi perangkat daerah menjadi tidak efektif dan efisien. “SOTK yang dulu itu berstruktur tinggi dan gemuk lalu tugasnya overlaving,” ujar Ade.

Sementara, berdasarkan hasil Analisis Beban Kerja (ABK), Dinas Pekerjaan Umum mempunyai beban paling besar. Sekarang diubah dan dipecah menjadi 3 dinas, yaitu Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Ciptakarya,Tata Ruang, Perumahan dan Pemukiman serta Dinas Binamarga dan SDA. Dinas lainnya yang dipecah adalah Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah dikembangkan menjadi Dinas Pendapatan Daerah dan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah.

Dinas yang digabung koperasi dan perindustrian karena ada kesamaan fungsi dan objek atau sasaran kegiatan terutama dalam pengembangan usaha kecil dan industri rumah tangga. Dinas pertanian tanaman pangan dan hortikultura digabung dengan Dinas peternakan dan perikanan. Badan KB dan Pemberdayaan Perempuan digabungkan dengan Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa. Serta Kantor perpustakaan daerah digabungkan dengan Kantor arsip daerah.

Sementara, urusan kebudayaan dialihkan dari Dinas kebudayaan, pariwisata, pemuda dan olah raga menjadi salah satu urusan pada Dinas pendidikan. [rni]

Sumber : http://www.inilahkoran.com/read/detail/2065589/reformasi-birokrasi-sumedang-resmi-ganti-sotk

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here