PULUHAN RUMAH TAK LAYAK HUNI PERLU PERHATIAN PEMKAB

0

KOTA, – Puluhan rumah milik keluarga miskin (gakin) di Ling­ku­ngan Talun Kelurahan Talun Kecamatan Sumedang Utara, kini kondisinya sudah sangat memprihatinkan. Padahal ironisnya, bangunan-bangunan rumah tidak layak huni (rutilahu) tersebut masih berada di sekitar kawasan Sumedang kota atau dekat dengan Pusat Pe­me­rintahan Kabupaten Sumedang.

Berdasarkan data dari Pihak Kelurahan setempat, saat ini tercatat masih ada sekitar 66 unit rumah milik gakin yang kondisinya sudah rusak berat atau butuh upaya perbaikan secepatnya. Sebab jika kondisi bangunan rumah-rumah tersebut tetap dibiarkan, bukan tidak mungkin bangunan-bangunan yang kondisi materialnya sudah pada lapuk itu bisa saja ambruk secara tiba-tiba dan membahayakan para pemiliknya yang notabene warga kurang mampu.

“Memang betul, di daerah kami ini masih ada sekitar 66 rumah yang kondisinya dianggap tidak layak untuk dihuni,” kata Lurah Talun, Dedi Rochendi, beberapa hari lalu.

Namun demikian, katanya, sejauh ini pihaknya tentu tidak tinggal diam. Selain selalu memantau, keberadaan puluhan rumah itu sebenarnya sudah sempat diusulkan oleh pihak Kelurahan agar bisa masuk pada Program Perbaikan Rutilahu.

“Parantos diusulkeun ku abdina mah, nanging kaleresan teu acan ka akomodir wae. Nya mudah-mudahan we tiasa ka akomodir di tahun 2014 ieu. Soalna ari ajeungana mah tos diusulkeun ti tahun 2011 kapengker,” katanya.

Dedi menyebutkan, dari sekian banyak rumah yang sempat diusulkan pada Program Rutilahu tersebut, tiga diantaranya kini sudah ada yang ambruk akibat tertiup angin pada musim hujan sekarang.

Bahkan bukan itu saja, beberapa rumah lainnya juga kini kondisinya sudah terlihat rusak berat dan terancam ambruk akibat material banyak yang lapuk dimakan usia.

“Seuseurna mah bumi tos alancur pisan teh milik janda tua nu teu gaduh padamelan. Muhun hawatos abdi oge, matakna mudah-mudahan we tiasa kabantos taun ieu. Pedah saur informasi mah tahun 2014 ayeuna teh bakal aya 62 bumi nu saurna bakal kaakomodir kenging bantosan rutilahu,” ujarnya. E-27***

Sumber : http://www.kabar-priangan.com/news/detail/12244

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here