Polres Sumedang Terjunkan 746 Personel untuk Pengamanan Pileg

0

polisi sumedang

KABAR SUMEDANG, – Polres Sumedang menerjunkan 746 personelnya untuk mengamankan penyelenggaraan Pileg (Pemilihan Legislatif) 9 April nanti. Para petugas akan menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat supaya pelaksanaan Pileg berjalan aman dan lancar.

“Kami pun mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya masing-masing. Kalau keamanannya terjamin, masyarakat akan tenang saat mencoblos di TPS (Tempat Pemungutan Suara) hingga penyelenggaraan Pileg berjalan kondusif,” kata Kapolres Sumedang Ajun Komisaris Besar Yully Kurniawan usai “Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Pemilu DPR, DPD dan DPRD tahun 2014” di Graha Insun Medal (GIM), Sumedang, Kamis (3/4/2014).

Menurut dia, polisi sudah membantu mengamankan berlangsungnya tahapan Pileg, termasuk kampanye dan saat pencoblosan di TPS nanti. Situasi dan kondisi saat kampanye, disyukuri berlangsung aman. Meski ada beberapa kecelakaan kendaraan, namun dinilai tidak signifikan. Guna mengamankan proses pencoblosan di TPS, polres pun akan menempatkan petugas. Satu polisi akan mengamankan 3 sampai 4 TPS. Sementara untuk daerah rawan konflik, satu polisi akan mengamankan 2 sampai 3 TPS.

“Untuk menilai daerah konflik, tergantung situasi kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) serta melihat pengalaman sebelumnya. Namun, di Kab. Sumedang situasi kamtibmasnya relatif aman. Kami siap mengamankan hajat demokrasi ini, baik Pileg maupun Pilpres nanti,” katanya

Di tempat yang sama, Bupati Sumedang H. Ade Irawan saat mengisi siaran sekaligus talkshow dengan masyarakat di RKS (Radio Kabupaten Sumedang) mengatakan, dengan gencarnya sosialisasi yang dilakukan KPU, parpol, caleg, pemda dan aparat lainnya, diyakini masyarakat pemilih akan berbondong-bondong menggunakan hak pilihnya di TPS pada Pileg 9 April nanti.

“Dengan antusiasme masyarakat terhadap Pileg ini, diyakini tingkat partisipasi pemilih di Kab. Sumedang bisa mencapai 80 persen. Kondisi ini, seperti pengalaman saat Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) maupun Pemilu sebelumnya. Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dan jangan golput,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kab. Sumedang, Asep Kurnia mengatakan, berbagai tahapan Pileg sudah dilaksanakan dan disyukuri berlangsung aman dan lancar. Bahkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sudah disebarkan ke PPK dan PPS sehingga bisa dicek langsung barangkali ada pemilih yang belum masuk DPT.

“Kami siap melaksanakan Pileg. Bagi pemilih, coblos caleg pilihannya. Caleg yang memiliki visi jelas dan cerdas yang bisa membela kepentingan masyarakat dan membangun Sumedang lebih baik,” tuturnya. (A-67/A-108)***PRLM

Sumber :  http://www.pikiran-rakyat.com/node/276425

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here