Persib Bungkam New Radiant 4-1

0

PERSIB BANDUNG – akhirnya memainkan laga perdana mereka di kompetisi AFC Cup 2015 menghadapi wakil dari Maladewa, New Radiant. Tergabung di grup H, kedua tim bentrok di Stadion Si Jalak Harupat, Rabu (25/2). Bermain di kandang sendiri, Maung Bandung memang menargetkan 3 poin guna menjaga asa untuk berprestasi tinggi di level Asia.

Di bawah asuhan Emral Abus, Persib menurunkan sususan pemain terbaiknya. Meski tanpa striker asing yang hingga kini masih dalam tahap pencarian, Emral tetap memasang formasi 3 penyerang di tubuh Persib dan menempatkan Tantan sebagai ujung tombak. Sedangkan winger yang mengapitnya adalah Atep dan M. Ridwan. Yandi Sofyan yang semula diproyeksikan menjadi starter lebih dulu disimpan di bench.

Di kubu tamu, New Radiant menerapkan skema menyerang 4-3-3 dan menepis prediksi tuan rumah yang mengatakan klub asal Maladewa itu akan bermain bertahan. Pelatih Mika Lonnstrom pun mengandalkan trisula Ali Ashadh, Dave Moli dan Viliam Macko. Terbukti New Radiant lebih banyak membuat peluang. Pada 10 menit pertama Viliam Macko sudah 2 kali menebar teror lewat sepakan jarah jauh.

Persib yang bermain lebih sabar justru membuka keunggulan terlebih dahulu pada menit 14 lewat kaki Ahmad Jufriyanto. Berawal dari kemelut di kotak penalti New Radiant, bola liar tendangan Vladimir Vujovic menemui Tantan yang berdiri bebas. Tantan yang melepaskan tembakan dibelokan Jufriyanto yang berada di mulut gawang.

Berikutnya pada menit 17 serangan balik Persib yang diawali dari umpan terobosan cantik Konate Makan diterima Ridwan di sayap kanan. Ridwan yang melihat Atep berdiri bebas di kotak penalti langsung mengirimkan umpan silang. Sayang tendangan Voli Atep tidak mengarah ke gawang.

Beberapa menit berselang Persib kembali mendapat peluang emas, kali ini giliran M. Ridwan yang menebar ancaman ke gawang Alisher Akhmedov. Lepas dari penjagaan bek lawan, winger berusia 34 tahun itu melakukan akselerasi yang ditutup oleh tendangan keras. Beruntung kiper asal Uzbekistan tersebut bisa menyelamatkan gawangnya.

New Radiant sendiri bukan tidak memberikan perlawanan. Menit 26 Sunday Okoro sempat membuat para bobotoh terhenyak ketika tendangan kerasnya menghantam mistar gawang Persib usai mendapat bola liar di depan kotak penalti.

Menit 30 aksi Ridwan di sisi kanan kembali membahayakan gawang New Radiant. Mendapat bola di kotak penalti, dia melepaskan umpan cut back menuju Konate yang masuk dari lini kedua. Sayang tendangan kerasnya hanya melambung tinggi ke atas mistar.

Menit 41 akhirnya anak-anak Bandung sukses menambah keunggulan lewat kaki Konate Makan. Aksi overlap Tony Sucipto di rusuk kiri setelah berkolaborasi dengan Atep dilanjutkan dengan crossing ke kotak penalti. Konate yang tanpa penjagaan dengan tenang mengontrol bola dan langsung menghujam gawang New Radiant dengan lesatan kencangnya.

Tak lama berselang Persib bertubi-tubi memberikan ancaman lewat Kaki Tantan hasil umpan terobosan Supardi. Selain itu Atep juga mendapat kans yang sama tapi kembali Alisher Akhmedov melakukan penyelamatan.

Di injury time babak pertama, Maung Bandung mampu menambah keunggulan menjadi 3-0 lewat kaki Atep. Berawal dari tendangan bebas cepat, Ridwan yang lolos dari kawalan sukses melewati hadangan penjaga gawang dan memberikan umpan ke mulut gawang. Tanpa kesulitan produk asli Cianjur itu mencocor bola dan memaksa Akhmedov memungut bola dari gawangnya. Gol ini juga sekaligus menutup babak pertama.

Memasuki babak kedua, Persib tetap memainkan ritme yang sama seperti di babak pertama. Hasilnya menit 52 tendangan kaki kiri Ridwan setelah mengecoh pemain belakang New Radiant. Tapi tendangannya masih mengarah ke kiper.

Keasyikan menyerang, New Radiant justru mampu memperkecil kedudukan menjadi 3-1 pada menit 60. Umpan terobosan Villiam Macko ke Abdul Gani di sisi kiri diteruskan dengan crossing datar dan dikonversi menjadi gol oleh Ali Ashadh.

Tersentak dengan gol New Radiant, Persib kembali meningkatkan intensitas serangan. Menit 70 umpan lambung Tantan berbelok mengarah ke gawang namun masih menyamping. Satu menit kemudian pemain asal Lembang itu kembali mendapat peluang setelah lolos dari kawalan pemain belakang. Berhadapan dengan kiper, tendangan kaki kirinya malah melenceng.

Satu persatu pemain Persib mencoba peruntungan mereka untuk mencetak gol. Menit 78 Hariono pun tidak mau ketinggalan untuk menebar teror ke gawang New Radiant. Mendapat ruang kosong di depan kotak penalti, tendangan kaki kirinya bisa berbuah gol andai Akhmedov tidak terbang menyelamatkan gawangnya.

Di penghujung laga tepatnya di menit kedua injury time, Persib memperlebar jarak menjadi 4-1 lewat sodokan Yandi Sofyan. Masuk di menit 76 menggantikan Ridwan, umpan datar Tantan diteruskan oleh kaki kanan Atep. Yandi yang berdiri di mulut gawang dengan mudah menyontek bola. Persib pun sukses mengamankan 3 poin perdana mereka di AFC Cup.

Lineup Persib: I Made Wirawan, Ahmad Jufriyanto, Vladimir Vujovic, Supardi, Tony Sucipto, Hariono, Dedi Kusnandar, Konate Makan, M Ridwan, Atep (C), Tantan

Cadangan: M Natshir, Abdul Rahman, Dias Angga Putra, Taufiq, M Agung Pribadi, Firman Utina, Yandi Sofyan.

Lineup New Radiant: Alisher Akhmedov, Abdulla Ahmad, Mohamed Rasheed, Ahmed Shafiu, Sunday Patrick Okoro, Viliam Macko, Abdull Gani Akram, Sifan Mohamed, Ali Ashad (C), Dave Moli, Hamza Mohamed,

Cadangan: Fajrooz Ahmed, Ibrahim Sabah Mohamed, Waheed Rilwan, Ahmed Suhail, Niyaz Ahmed, Ali Shaamiu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here