Perhutani Kembangkan Komoditas Tanaman Ekspor Bersama LMDH

0

phbm

KABAR SUMEDANG – Administratur (Adm) Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Perhutani Kab.Sumedang, Agus Mashudi, menegaskan, sesuai kebijakan pusat telah terjadi pergeseran pengelolaan hutan, dari produksi kayu ke hasil hutan bukan kayu (HHBK). Oleh sebab itu, dengan menggandeng Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), terus berusaha untuk mengoptimalkan HHBK melalui pengembangan komoditas tanaman ekspor.

“Sesuai kebijakan pusat, pengelolaan hutan sudah bergeser ke HHBK. Untuk itu, guna mengoptimalkan, hasil produksi HHBK, maka kami telah menggandeng masyarakat yang tinggal disekitar hutan, melalui LMDH,” tandas Agus, Minggu (20/4/14).

Dijelaskan, ada pun kemitraan dengan LMDH, difasilitasi melalui program pengelolaan hutan bersama masyarakat (PHBM). Melalu program tersebut, LMDH dapat ikut mengelola potensi lahan hutan, untuk ditanami berbagai komoditas tanama, yang cocok ditanam di bawah tegakan tanaman utama yaitu kayu jati.

“Walau begitu, kita tetap mengarahkan supaya, tanaman yang mereka tanam, memiliki nilai ekonomi yang bagus dan bisa tembus hingga ke pasar internasional (bisa ekspor),” tandasnya.

Untuk itu, pihaknya saat ini, tengah melakukan riset dibeberapa bagian kesatuan pemangkuan hutan (BKPH) yang ada dibawahnya, untuk menentukan tanaman yang cocok untuk dikembangkan sebagai komoditas ekspor. (del)

Sumber:http://www.klik-galamedia.com/perhutani-kembangkan-komoditas-tanaman-ekspor

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here