Pendangkalan dan Sampah Sebabkan Banjir

0
KABAR SUMEDANG, JATINANGOR – Sejumlah lembaga swadaya masyarakat (LSM) turut menyikapi persoalan banjir yang kerap terjadi di Jalan Raya Bandung-Garut, Kecamatan Cimanggung dan Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Pendangkalan akibat endapan tanah dan menumpuknya sampah di saluran drainase menjadi penyebab banjir di jalur tersebut.

“Saluran drainase di pinggir jalan itu tersumbat sampah. Selain itu ada pendangkalan di aliran Sungai Cikijing dan Sungai Cimande,” kata tokoh masyarakat Kecamatan Jatinangor, Sitam, Selasa (29/4).

Menyikapi persoalan lingkungan yang kian memprihatinkan itu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat harus cepat tanggap. “Jangan saling menyalahkan,” katanya.

Berdasarkan hasil penelusuran, sejumlah pabrik tidak membuang air ke gorong-gorong pinggir jalan raya itu. “Tapi air yang dari perusahaan itu, dibuang dan dialirkan ke Sungai Cikijing,” jelasnya.

Sebelumnya aliran sungai yang kemudian disebut Sungai Cikijing ini hanya merupakan selokan dengan lebar 1,2 meter dan panjang 80 meter. Namun seiring aktivitas pabrik di wilayah tersebut, selokan di kawasan pabrik sudah berubah fisik menjadi aliran air dengan lebar 7 meter dan panjang 80 meter.

“Kami minta kepada Pemda Provinsi Jabar segera membebaskan lahan di sekitar Sungai Cikijing, Sungai Cimande, dan Sungai Citarik. Tujuannya untuk pelebaran kiri dan kanan sungai tersebut,” harapnya.

Selain itu, pemerintah harus melakukan pengerukan sungai, selain penataan drainase. “Termasuk gorong-gorong, harus ada pelebaran dan penataan,” katanya. Berdasarkan pantauan di sepanjang jalan Bandung-Garut, saat hujan deras air selokan kerap meluap hingga menggenangi badan jalan.

“Ini akibat buruknya saluran drainase,” ujar Teten, warga Rancaekek.

Menurutnya, buruknya saluran drainase kurang mendapat perhatian dari pemerintah. “Seharusnya, pemerintah membangun jalan beton dan membenahi saluran drainasenya. Supaya jalur nasional itu tidak rawan banjir,” katanya.(B.105)**

Sumber:klik-galamedia.com/pendangkalan-dan-sampah-sebabkan-banjir

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here