Pencapaian Akseptor KB Mencapai 110 Persen

0

program kb sumedang

KABAR SUMEDANG, KOTA, – Sebanyak 150 peserta mengi­kuti Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Kab. Sumedang, dibuka Asisten Pembangunan Dede Hermasyah, di ruang Tampomas IPP, Rabu (26/3).

Dalam kegiatan itu, dilaksanakan juga pelantikan Pengu­rus Saka Kencana BKBPP oleh Kwarcab Sumedang, yang dihadiri oleh Kepala Perwakilan BKKBN Prov.Jawa Barat, Ir. Siti Fathonah, Kepala BKB PP, Nana Sutisna dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Ir. Siti Fathonah mengaku sangat gembira karena pencapaian akseptor baru di Kabupaten Sume­dang yang melebihi target, yakni mencapai 110,7 persen. Sedangkan pencapaian untuk tingkat Jawa Barat belum mencapai 100 persen. “KB aktifnya pun di Sumedang cukup bagus mencapai 140 persen, di atas pencapaian tingkat Jawa Barat yang baru mencapai 128 persen. Namun keikutsertaan KB pria Sumedang masih rendah, yang Pasektomi di bawah satu persen,” ujar Ir.Siti Fathonah.

Dede yang membacakan sam­butan Bupati mengatakan, untuk meningkatkan pencapaian program Keluarga Beren­ca­na yang lebih berkualitas telah ditetapkan empat kebijakan. Keempat kebijakan itu di antaranya menetapkan tahun 2014 sebagai tahun Lini Lapa­ng­an serta mendekatkan akses dan kualitas pelayan KB. Se­dang­kan untuk strategi yang dilaksanakan BKBPP telah me­nyusun kebijakan, di antaranya meningkatkan kualitas hidup perlindungan perempuan dan perlindungan anak.

“Kita patut bersyukur pelaksanaan program KB di Su­medang berjalan lancar karena besarnya faktor dukungan dari berbagai pihak, berperan besar dalam menggerakkan masyar­a­kat agar berpartisipasi aktif setiap pelaksanaan program KB,” ujar Dede. Dengan terbentuknya Kader KB dari tingkat desa/RT/RW sampai kabupaten, menunjukkan bah­wa peran serta masyarakat sangat tinggi dalam pengelolaan KB.

Ketua Panitia Penyelenggara Syarif Effendi Badar, S.Sos, M.Si. mengatakan, kegia­tan rakerda dalam rangka membangun komitmen seluruh stakeholder program Kepen­dudukan dan KB. Termasuk Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, terkait dengan pencapaian RKP Kabupaten Sumedang selain menyamakan persepsi untuk mengoptimalkan kinerja dan strategi pencapaian program. E-22***KP

Sumber : http://www.kabar-priangan.com/news/detail/13186

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here