Pembuatan Sumur Resapan di Lokasi Rawan Banjir

0

SUMEDANG, – Badan Kesatuan Bangsa, Perlindungan Masyarakat dan Penanggulangan Bencana (Kesbang Linmas dan PB) Kab. Sumedang, akan melaksanakan program pembuatan sumur resapan di beberapa daerah rawan banjir, seperti di Kec. Jatinangor dan Cimanggung. Pembuatan sumur resapan itu dibuat di lingkungan penduduk, satu rumah satu sumur resapan. Sumur resapan itu akan mengurangi bahkan mencegah banjir yang menggenangi pemukiman warga.

“Program tersebut sangat efektif untuk mengantisipasi banjir di beberapa daerah rawan banjir, seperti Jatinangor dan Cimanggung. Lebih bagus lagi, kalau masyarakat dengan kesadaran sendiri membuat sumur resapan di rumahnya masing-masing,” kata Kepala Badan Kesbang Linmas dan PB Kab. Sumedang, Asep Sudrajat di Sumedang, Minggu (15/12/2013).

Menurut dia, sumur resapan itu bentuknya berupa lubang kecil seukuran paha orang dewasa sedalam 50 cm. Karena lubangnya kecil sehingga bisa dibuat di halaman atau pekarangan belakang rumah warga dan aman dari jangkauan anak-anak. Lebih aman lagi, jika lubangnya ditutupi kayu atau dicor semen. Semua pembuangan air dari pekarangan rumah terutama di musim hujan, masuk ke sumur resapan tersebut.

“Seandainya semua warga memiliki sumur resapan di rumahnya, sangat efektif untuk mengurangi bahkan mencegah banjir. Dengan sumur resapan, airnya bisa terserap ke dalam tanah. Manfaat lainnya, bisa menyimpan air ketika musim kemarau. Beda dengan sekarang, halaman dan pekarangan rumah penduduk di perkotaan kebanyakan dipelur semen sehingga airnya tidak meresap ke dalam tanah hingga mempercepat terjadinya banjir ke rumah warga,” ujar Asep. (A-67/A_88)***

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/node/262444

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here