Pantasi Mart menjadi sebuah Inovasi Pelayanan Publik

0

SUMEDANG — Pemerintah Kabupaten Sumedang menjadi satu dari tiga kab/kota di Jawa Barat selain Kota Tasik dan Kabupaten Sukabumi yang pada hari Sabtu 20 Mei 2017 kemarin mendapatkan penghargaan atas inovasi pelayanan publik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, dimana penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Pan & RB, Asman Abnur kepada Bupati Sumedang, H. Eka Setiawan selaku Inovator, dalam acara Pameran dan Simposium Inovasi Pelayanan Publik Jawa Timur dengan tempat penyelenggaraan yaitu di Stadion Gelora Joko Samudro Kabupaten Gresik, Sabtu (20/5).

Adapun inovasi pelayanan publik yang berhasil menjadi Top 99 kompetisi inovasi pelayanan publik di Kabupaten Sumedang adalah dengan hadirnya Pantasi Mart, yaitu sebuah Minimarket sebagai pusat pengadaan fasilitas sanitasi masyarakat yang diketuai oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah, dengan pelaksana harian yaitu unsur Dinas Kesehatan Kab. Sumedang.

Kadis Kesehatan, Retno Ernawati menerangkan, bahwa manfaat utama dari inovasi tersebut adalah untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses berbagai model sarana air minum dan sanitasi, dengan cara pembayaran yang disesuaikan kemampuan. “Diharapkan juga, dengan hadirnya Pantasi Mart ini dapat menurunkan Kejadian Luar Biasa (KLB) diare serta menurunkan kejadian dan kematian ibu, bayi dan balita akibat diare,”terangnya.

Sementara itu, atas raihan penghargaan dalam kompetisi Top 99 yang diterima Pemkab Sumedang, Bupati Eka berharap Inovasi Pantasi Mart juga bisa masuk ke dalam Top 40. “Dari 3.054 inovasi pelayanan publik yang berasal dari lebih 500 pemerintah provinsi/kab/kota se-Indonesia, salah satunya kita yang diberi kesempatan mendapatkan penghargaan atas inovasi pelayanan publik yang telah dibuat. Mudah-mudahan inovasi kita ini juga (Pantasi Mart) bisa masuk ke dalam Top 40 Inovasi Pelayanan Publik yang menurut rencana dari Kemenpan akan dilaksanakan sekitar akhir bulan Juli nanti dan akan diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo, tentunya setelah melalui tahapan-tahapan evaluasi yang dilakukan oleh pihak Kemenpan,”harapnya.

“ Atas penghargaan yang kita raih ini, tentunya ini membuktikan bahwa sumedang juga punya potensi, dan insya Allah ke depan Sumedang bisa lebih maju lagi asalkan seluruh elemen baik pemerintah dan masyarakatnya bisa bersinergi dengan baik,”tukas Eka.

Pernyataan Bupati Eka itu juga diamini oleh Retno Ernawati, namun dijelaskan Retno bahwa setelah masuk ke dalam Top 99, untuk menuju Top 40 maka Pantasi Mart tersebut harus melalui berbagai tahapan dimulai dengan mempresentasikannya dihadapan juri di Kemenpan dan telah dilaksanakan pada tanggal 27 April 2017 lalu, hingga ada yang disebut dengan Mistery Shopping di lapangan.

“Semoga saja kita bisa masuk ke dalam Top 40 kemudian bisa bertemu dengan Pak Presiden, dan kita optimis bisa meraihnya,”Tutup Retno.

sumber : jabarprov.go.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here