Muhaimin Iskandar Akan Bangun Pondok Pesantren Cut Nyak Dien di Sumedang

1

KABAR SUMEDANG – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)  Muhaimin Iskandar,  akan membangun Pondok Pesantren Qur’an “Cut Nyak Dien” di Komplek  Islamic Center Sumedang, tepatnya  di samping gedung PCNU Kab. Sumedang, Jalan Kutamaya Sumedang.  Sebagai dana stimulan, Muhaimin Iskandar atau yang akrab dipanggil Cak Imin menyumbang dana Rp 200 juta.

“PKB akan terus merawat spirit perjuangan Cut Nyak Dien, tokoh pejuang perempuan asal Aceh,” ujar  Muhaimin Iskandar melalui rilis DPP PKB  kepada “PR” di Sumedang, Minggu, 6 Agustus 2017. Cak Imin mengatakan itu,  usai ziarah di makam Cut Nyak Dien  pada agenda “Reses Bersama Fraksi PKB” di Sumedang,  Sabtu, 5 Agustus 2017.

Menurut  cucu pendiri NU KH Bisri Syansuri itu,  pembangunan Pesantren Cut Nyak Dien untuk menghormati  dan menghargai perjuangan seorang perempuan yang memiliki semangat juang  yang  luar biasa.  “Dalam kondisi buta, sakit dan diasingkan Belanda,  Cut Nyak Dien mau mengajarkan Qur’an kepada masyarakat Sumedang. Dari Cut Nyak Dien, kita harus belajar dari keberanian, kesabaran dan keikhlasannya dalam mengabdi kepada Bangsa dan Negara,” tutur Muhaimin Iskandar.

Anggota DPR RI Dapil Sumedang,  Majalengka dan Subang,   Maman Imanulhaq  sebagai tuan rumah, menanggapi positif keinginan Cak Imin tersebut. Bahkan keinginan luhur Cak Imin, disambut baik oleh segenap pengurus  PCNU Kab. Sumedang. Pesantren Cut Nyak Dien,  rencananya akan dibangun  di lahan yang berada di samping gedung PCNU Kabupaten Sumedang di Kompleks Islamic Center, Jalan Kutamaya , Sumedang.

“Sebuah momentum untuk meneladani spirit Cuk Nyak Dien dalam memperjuangkan kemerdekaan dan menyebarkan Quran sebagai energi untuk perubahan dan perdamaian.  Madrasah Quran ini sesuai dengan anjuran Nabi,  ‘sebaik-baik kalian adalah yang belajar Quran dan mengajarkannya’, ” tutur Maman Imanulhaq yang  kelahiran Cimalaka Sumedang.

Disambut kuda renggong

Lebih jauh ia menjelaskan, kehadiran Cak Imin di Sumedang,  disambut meriah oleh masyarakat. Selain mengikuti rangkaian kegiatan ziarah di makam Cut Nyak Dien di Kompleks Pemakaman Gunung Puyuh, Desa Sukajaya, Kec. Sumedang Selatan, Cak Imin pun berkenan naik kuda renggong dan menikmati kuliner tahu sumedang. Cak Imin naik kuda renggong bersama Sekjen PKB A. Kadir Karding,  Ketua Fraksi PKB DPR RI  Ida Fauziah, Ketua Garda Bangsa  Cucun Syamsurizal, termasuk ia sendiri. Cak Imin bersama rombongan diarak ribuan masyarakat dan santri dengan iringan salawat.  “Sebuah kolaborasi yang indah,  bahwa Islam menghargai nilai tradisi dan budaya lokal,” ujar Maman.

Di Islamic Center  pun, kata dia, orang nomor satu di PKB itu disambut hangat ribuan massa yang telah menunggu kedatangannya sejak siang untuk bersaturahim dengan para penerima bantuan. Seperti halnya penerima bantuan  Al-Quran,  buku profil perguruan tinggi untuk kelas 3, KUBE dan BUMDes dari Kabupaten Sumedang, Majalengka dan Subang.  “Di salah satu restoran tahu sumedang yang terkenal,   Cak Imin juga disambut sejumlah tokoh Tionghoa yang menyampaikan dukungan pada PKB. Mereka juga  meminta Cak Imin untuk meneruskan perjuangan Gus Dur,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua Fraksi PKB DPR RI,   Ida Fauziah mengatakan, agenda reses bersama ini dikuti para pengurus DPP PKB  serta puluhan anggota DPR RI dari Fraksi PKB. “Selain  untuk silaturahmi ke daerah,  juga memastikan kinerja para Anggota DPR RI Fraksi PKB serta mendorong realisasi program kerakyatan PKB,” ucapnya. ***

 

sumber : pikiran-rakyat.com

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here