Mayat Ketua Gapensi Diotopsi

0

Untuk Mengetahui Penyebab Kematian

KOTA, – Tim forensik RSHS Bandung melakukan otopsi jasad Ketua Badan Pengurus Cabang (BPC) Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional (Gapensi) Sumedang, Iwan K Kusumah (58) di tempat pemakaman umum (TPU) Batu Reok, Lingkungan Panjunan, Kelurahan Kotakulon, Kecamatan Sumedang Selatan, Senin (13/1/2013).

Otopsi dilakukan untuk mengetahui penyebab kematian korban, yang akan dijadikan penunjang penyelidikan kasus kematian Ketua Gapensi sekaligus pimpinan LSM Sabda Nusantara itu.

“Autopsi melibatkan empat orang dokter ahli dari pihak RSHS Bandung. Sebelumnya, pihak RSUD Sumedang dan RS Plumbon Cirebon, memag sudah melakukan visum. Akan tetapi, dari hasil visum itu kami belum bisa mengetahui secara pasti penyebab kematian korban,” ujar Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasatreskrim) Polres Sume­dang, AKP Niko Adi Putra kepada sejumlah wartawan, baru-baru ini.

Insan Bhayangkara yang sebelumnya menjabat Kanit Reskrim Polsekta Andir Polrestabes Bandung itu menuturkan, hasil visum oleh tim forensik itu, nantinya akan dijadikan alat bukti susulan.

“Beberapa luka di tubuh korban, sebelumnya sudah teridentifikasi oleh Polres Sumedang. Luka tersebut kita temukan di leher bagian atas, perut dan wajah,” ujarnya.

Untuk memaksimalkan penyelidikan kasus itu, kata dia, dalam waktu dekat ini polisi akan menggelar rekonstruksi di tempat kejadian perkara di Jalan Raya Ang­krek Kota Sumedang (TKP).

Ia menuturkan, autopsi dan rekonstruksi itu, tentu saja berdasarkan persetujuan dari keluarga korban melalui kuasa hukumnya.

Dijelaskan, tersangka yang diketahui WN (20), warga Kota Magelang itu mengaku menghabisi korban dengan menggunakan pipa besi sepanjang 1 meter. Namun sejauh ini polisi masih belum menemukan dan berusaha mencari alat bantu kejahatan tersebut (besi), yang menurut pengakuan tersangka dibuang oleh pelaku di Jalan Raya Cadas Pangeran.

Kapolres Sumedang AKBP Hadianur, SIK, mengaku sudah menerima perintah langsung dari Kapolda Jabar agar mengusut tuntas kasus pembunuhan tersebut.

“Kami mohon doa dan restu dari masyarakat agar kasus itu bisa terungkap sesuai fakta. Kami atensi sepenuhnya kepada masyarakat Sumedang, apapun kasus yang kita tangani, penanganannya menjadi prioritas,” kata Hadianur.

Diberitakan “KP” sebelumnya, Subdit III Jatanras Ditreskrim umum Polda Jabar dan Satreskrim Polres Sumedang berhasil menang­kap tersangka pembunuh Ketua Badan Pengurus Ca­bang (BPC) Gabungan Pelak­sana Konstruksi Nasional (Gapensi) Sumedang, Iwan Kusumah (58) pada Minggu (5/1/2013).

Pembunuhan itu diawali penganiayaan dan terjadi di Dusun Cileungsar Kecamatan Sumedang Selatan pada Rabu (11/12/2013) lalu. E-42***

Sumber : http://www.kabar-priangan.com/news/detail/12224

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here