Lima Warga Legokkaler Gugat Bupati Sumedang

0

Sumedang – Lima warga Desa Legokkaler Kecamatan Paseh, Sukabumi menggugat Bupati Sumedang Endang Sukandar ke PTUN Bandung. Gugatan terkait isin usaha pertambangan (IUP) pasir di Dusun Cileuksa, Legokkaler.

Kelima warga tersebut yakni Komar, Lili Suharli, Edi Sukaedi, Herdiana dan Agus Priatna. Mereka merasa dirugikan dengan tindakan bupati yang memberi izin usaha galian C di kawasan tersebut. Aktivitas galian itu menyebabkan polusi udara di sekitar rumah penggugat.

Gugatan tersebut sudah didaftarkan ke PTUN dengan nomor perkara 126/G/2013/PTUN-BDG tertanggal 7 Oktober 2013.

“Gugatan dari lima warga ini sudah terdaftar di PTUN,” kata kuasa hukum penggugat Yovie M Sentosa kepada wartawan, Rabu (9/10/2013).

Yovie menjelaskan, ada dua objek gugatan yang dilayangkan, yakni surat No. 541.3/015-Kep/BPMPP/2013 tanggal 4 Juli 2013 tentang eksploitasi galian golongan C, dan surat No. 541.3/014-Kep/BPMPP/2013 tanggal 4 Juli 2013 tentang IUP pengolahan pemurnian bahan galian golongan C batuan.

Dia menilai, kedua surat tersebut sudah merugikan warga di sekitar galian serta warga di lereng Gunung Tampomas. Aktivitas galian pasir dan batu tersebut mengakibatkan terjadinya polusi udara di sekitar rumah warga serta berkurangnya debit air di wilayah Desa Legokkaler. Warga khawatir terjadi bencana alam, apalagi jalan desa dan rumah warga ikut rusak akibat getaran mobil pengangkut pasir.

“Pada intinya dengan adanya galian pasir dan batu itu akan mengakibatkan kerusakan lingkungan di sekitarnya,” kata Yovie.

Menanggapi gugatan tersebut, Kepala Bagian Hukum Pemkab Sumedang Yayah Rohayah mengaku belum menerima pemberitahuan dari PTUN. Meski begitu, pihaknya mengaku akan mengkaji kembali terkait terbitnya izin galian tersebut. “Kami akan menanyakan langsung ke PTUN,” kata Yayah. [hus]

Sumber : http://www.inilahkoran.com/read/detail/2036994/lima-warga-legokkaler-gugat-bupati-sumedang

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here