KPU Sumedang Koreksi Daftar Pemilih Khusus

0

KABAR SUMEDANG – KPU Sumedang segera mencermati Daftar Pemilih Khusus (DPK) dan DPK tambahan di Kabupaten Sumedang. Dua hal ini menjadi masalah saat pleno rekapitulasi penghitungan suara di tingkat nasional.

Meski demikian, KPU Sumedang tidak termasuk kabupaten yang disebutkan bermasalah dengan DPK dan DPK tambahan. Itulah sebabnya, KPU Sumedang tidak diharuskan melakukan pemungutan suara ulang.

“Karena ini intruksi dari hasil sementara pleno rekap suara di tingkat nasional, kami pun mencermati ulang soal DPK dan DPK tambahan. Meski tidak ada masalah, memang perlu ada yang disepakati bersama lagi soal DPK,” kata Ketua KPU Sumedang Asep Kurnia, Rabu (30/4/2014).

Sebelumnya, Ase menjelaskan, DPK dan DPK tambahan di Sumedang tercatat sebanyak 6.131 orang. DPK ini disahkan oleh KPU Provinsi seminggu sebelum pencoblosan.

Sementara DPK tambahan tercatat ada 5.127 orang. DPK tambahan adalah pemilih yang tidak tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) KPU namun masih bisa memilih saat pemungutan suara dengan menyerahkan KTP setempat.

Pada hari pencoblosan, pemilih dalam DPK dan DPK tambahan ini ternyata tidak semua menggunakan hak pilihnya. Akibatnya, jumlah pemilih DPK menjadi berkurang.

Jadi, kata dia, yang perlu disepakati dan ditandatangani ulang oleh para saksi di Sumedang adalah koreksi pada DPK dan DPK tambahan.

Menurut Asep, kekurangan dalam DPK dan DPK tambahan itu terjadi karena pemilih dibolehkan menggunakan hak suaranya saat siang hari atau setelah pemilih DPT mencoblos.

“Contohnya di Jatinangor. Pada saat hari H tercatat ada 939 orang yang sebelumnya tidak termasuk dalam DPK, tapi menggunakan KTP untuk dapat memilih. Dalam ketentuannya, mereka itu seharusnya datang siang karena KPPS akan memprioritaskan yang masuk dalam DPT. Nah mungkin karena lama menunggu, banyak yang akhirnya tidak menggunakan hak pilihnya. Selisih seperti ini yang kemudian dikoreksi,” jelas Asep.

Sejauh ini, kata Asep, semua saksi bisa memahami dan menerima perubahan DPK dan DPK tambahan ini. [hus]

Sumber:inilahkoran.com/read/detail/2096650/kpu-sumedang-koreksi-daftar-pemilih-khusus

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here