Ketua RT dan RW Senang Mendapat Tunjangan

0

bupati sumedang

KABAR SUMEDANG – Visi, misi serta program mendiang Bupati Sumedang sebelumnya H. Endang Sukandar (HES), satu per satu diwujudkan oleh Bupati Sumedang H. Ade Irawan yang naik menggantikan HES karena meninggal dunia. Salah satunya, memberikan tunjangan bagi para ketua RT (Rukun Tetangga) dan RW (Rukun Warga) se-Kab. Sumedang. Pemberian tunjangan perdana, secara resmi diberikan Ade Irawan di Lapangan Upacara kantor Induk Pusat Pemerintahan (IPP) Pemkab Sumedang di Jln. Prabu Gajah Agung, 30 Desember 2013 lalu.

Setiap ketua RT masing-masing mendapatkan tunjangan Rp 150.000 per triwulan dan ketua RW Rp 175.000 per triwulan. Total anggaran pemberian tunjangan bagi RT dan RW tahun ini, seluruhnya mencapai Rp 5,69 miliar. Para ketua RT se-Kab. Sumedang yang mendapatkan tunjangan, seluruhnya 7.530 orang. Sementara ketua RW 2.100 orang.

Diberi tunjangan oleh bupati, para ketua RT dan RW langsung sumringah seraya mengucap syukur. Betapa tidak, sudah bertahun-tahun bahkan ada yang puluhan tahun mereka mengabdi kepada negara dengan melayani kebutuhan dan kepentingan masyarakat di lingkungannya, baru kali ini mereka mendapatkan penghargaan materi berupa tunjangan tersebut.

Seperti diungkapkan Dadi, Ketua RT 11/ RW 03, Kampung/Desa Darmawangi, Kec. Tomo, beberapa waktu lalu. “Sudah bertahun-tahun jadi ketua RT, alhamdulillah baru sekarang mendapat tunjangan dari pemda. Lumayan segitu juga, dari pada tidak sama sekali. Sebelumnya, jadi ketua RT dan RW tidak pernah digaji. Saya mau jadi ketua RT, betul-betul karena bakti dan pengabdian untuk kepentingan warga,” ujarnya.

Dadi mengatakan, tunjangan itu memang sudah semestinya diberikan. Pasalnya, tugas dan tanggung jawab para ketua RT dan RW sangat berat, berhubungan langsung dengan kepentingan warga. “Kalau warga ada masalah, pasti lapornya ke RT dan RW dulu, bukan ke kepala desa atau camat. Tunjangan Rp 150.000 per tiga bulan ini, tentunya dapat membantu operasional tugas sehari-hari. Kalau harapan mah, tunjangan Rp 150.000 itu inginnya diberikan setiap bulan,” tutur Dadi didampingi Ajib Ketua RW 03 Kampung/Desa Darmawangi, Kec. Tomo.

Bupati Sumedang H. Ade Irawan ketika ditemui di Sumedang belum lama ini mengatakan, pemberian tunjangan untuk para ketua RT dan RW, sebagai bentuk kepedulian dan apresiasi Pemkab Sumedang terhadap pengabdian dan kinerja mereka. Para ketua RT dan RW bekerja penuh tanggung jawab melayani kepentingan warganya. Bahkan turut mengimplementasikan berbagai program dan kebijakan Pemkab Sumedang di masyarakat.

“Mereka adalah ujung tombak masyarakat. Kami berharap para ketua RT dan RW, tetap tegak lurus mengabdi kepada bangsa dan negara, khususnya Pemkab Sumedang. Pemberian tunjangan ini akan dilakukan kontinyu setiap tahunnya. Bahkan jika anggarannya memadai, tunjangannya bisa dinaikan lagi,” ujar Ade.

Tak hanya para ketua RT dan RW saja, para kepala dusun (kadus) pun turut mendapatkan tunjangan. Tunjangan tersebut secara resmi diberikan bupati di kantor IPP Pemkab Sumedang, 7 Maret 2014 lalu. Para kadus se-Kab. Sumedang sebanyak 830 orang memperoleh tunjangan masing-masing Rp 300.000 per bulan. Untuk saat ini, tunjangan yang diberikan baru triwulan pertama dari Januari sampai Maret sebesar Rp 900.000 per kadus. Total anggaran yang akan diberikan untuk tunjangan para kadus tahun ini mencapai Rp 2,96 miliar. “Tunjangan para kadus ini dimasukan ke dalam APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa),” ucap Ade Irawan. (A-67/A-147)***PRLM

Sumber:http://www.pikiran-rakyat.com/node/278576

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here