Keliru Perhitungan PBB, Pemkab Sumedang Rugi

0

Sumedang – Pemkab Sumedang menemukan kekeliruan atau kesalahan penghitungan Pajak bumi dan Bangunan (PBB) yang nilainya hampir setengah miliar rupiah.

Kekeliruan terjadi di hampir semua nominal yaitu Buku 1 untuk ketetapan PBB dengan nominal kurang dari Rp100.000, Buku 2 untuk ketetapan PBB sebesar Rp100.001-Rp500.000. Lalu pada Buku 3 (Rp500.001-Rp2.000.000), Buku 4 (Rp2.000.001-Rp5.000.000), dan Buku 5 untuk ketetapan PBB di atas Rp5.000.000.

“Kami menemukan ada kekeliruan penghitungan PBB yang disebabkan berbagai alasan senilai Rp450 juta,” kata Kabid Perimbangan Dinas Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Rohana, Kamis (19/12/2013).

Kekeliruan ini menimbulkan kerugian karena mengakibatkan jumlah prediksi pendapatan PBB 2014 yang sudah akan dikelola Pemkab menjadi kacau. Pasalnya, prediksi ditetapkan berdasarkan data PBB yang semula dikelola Kantor Pajak Pratama.

“Adanya kekeliruan jelas akan membuat kacau, karena prediksi pendapatan tak sesuai dengan keadaan objek dan subjek pajak di lapangan,” kata Rohana.

Kekeliruan ditemukan ketika pemkab sedang mempersiapkan pengalihan pengelolaan pajak dari pusat ke daerah. Setelah berbagai sarana dan prasarana dipersiapkan, Pemkab juga mendata kembali dan melakukan verifikasi objek dan subjek pajak serta data lainnya yang semula diurus Kantor Pajak.

“Verifikasi dilakukan untuk memperbaikin pengelolaan PBB secara keseluruhan, selain itu, untuk menghindari kesalahan yang terjadi terus menerus ketika pengelolaannya dialihkan kepada Pemkab,” kata Rohana lagi.

Semua kekeliruan sudah disampaikan ke Kantor Pajak. Sayangnya, tanggapan sementara yang diterima Pemkab adalah kekeliruan tersebut tak bisa diperbaiki.

“Kekeliruan tak bisa diperbaiki sekarang, namun secara bertahap akan diperbaiki mulai 2014 sejalan dengan adanya perubahan PBB menjadi pajak daerah. Kami juga akan melakukan pendataan kembali dengan cara verifikasi lapangan atau faktual,” kata Rohana. [hus]

Sumber : http://www.inilahkoran.com/read/detail/2057644/keliru-perhitungan-pbb-pemkab-sumedang-rugi

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here