Kapolres Sumedang Aktifkan Simkamling di Masyarakat

1

Kabar Sumedang — KAPOLRES  Sumedang, AKBP  Hari Brata, mengajak warga untuk selalu  menjaga  keamanan dan ketertiban  di tengah  lingkungannya, dengan cara menggiatkan kembali  siskamling  (sistim  keamanan lingkungan).

“Siskamling merupakan bentuk kesadaran masyarakat, yang cukup  efektif untuk deteksi dini dan antisipasi terhadap terjadinya gangguan keamanan dan  ketertiban.” katanya Minggu  (11/6/2017).

Menurutnya, siskamling  atau ronda  malam,  sudah menjadi budaya masyarakat di tanah air sejak  dulu. Karenanya kegiatan tersebut harus dipertahankan dan ditularkan  kepada generasi muda.

Apalagi siskamling tidak hanya mampu mencegah terjadinya gangguan keamanan  dan ketertiban semata, akan tetapi dapat bermanfaat untuk deteksi dini akan terjadinya  bencana  alam.

“Seseorang yang akan berbuat jahat, tentunya  akan berpikir  ulang ketika di lokasi yang menjadi targetnya ada warga yang tengah melakukan siskamling. Demikian ketika juga terjadi  bencana  alam , khususnya di malam hari, warga yang tengah bertugas siskamling  dapat segera memberikan peringatan kepada  warga lainnya, dan langsung berkoordinasi dengan instansi  terkait,” ujarnya.

Disamping itu, dia juga telah menginstruksikan kepada seluruh anggota di Polsek jajarannya, untuk meningkatkan patroli. Hal itu dimaksudkan, untuk mempersempit ruang gerak pelaku kejahatan yang terjadi di wilayah  hukumnya masing-masing.

“Dengan adanya keterpaduan antara aparat dan masyarakat seperti itu, kami optimis keamanan dan ketertiban serta kondusifitas di Kabupaten Sumedang akan selalu terjaga,” tandasnya.

sumber : galamedianews.com

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here