Jantung Pisang Kaya Serat dan Manfaat

0

KABAR SUMEDANG – Meski bentuknya sederhana, jantung pisang punya banyak manfaat buat kesehatan. Jantung pisang cukup mudah ditemui karena pohon pisang mudah tumbuh di berbagai tempat. Kalaupun sulit diperoleh di lingkungan sekitar, jantung pisang kini cukup banyak dijajakan para penjual sayuran di pasar-pasar tradisional maupun supermarket.

Untuk dijadikan sebagai bahan makanan, jantung pisang memiliki kandungan serat tinggi. Sehingga cocok dijadikan alternatif makanan bagi mereka yang sedang menjalani program diet. Jantung pisang pun sangat mudah diolah menjadi berbagai menu.

“Makanan dari jantung pisang yang diolah, sangat cocok untuk konsumsi orang yangsedang berdiet dan menjaga berat badan,” kata Pengamat Gizi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, Sukaeni belum lama ini.

Sukaeni menjelaskan, selain kaya serat jantung pisang sangat rendah lemak. Ketika dimakan, jantung pisang juga memberikan efek kenyang lebih lama dibanding nasi. Kandungan serat yang tinggi sangat berkhasiat untuk melancarkan pencernaan manusia.

Melihat karakteristiknya, jantung pisang ini pun aman dikonsumsi penderita diabetes (diabetesi). Kandungan indeks glemik atau glicemic index (GI) yang terdapat pada jantung pisang tergolong rendah sehingga bisa dijadikan menu makanan alternative bagi para diabetesi.

“Tentu masih ada beberapa manfaat lain jantung pisang bagi kesehatan manusia. Di antaranya menangkal serangan stroke, jantung koroner, dan memperlancar siklus darah karena bersifat antikoagulan yang dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah,” jelasnya.

Bunga pisang yang ada di jantung pisang juga mengandung saponin yang berfungsi menurunkan kolesterol dan meningkatkan kekebalan tubuh serta mencegah kanker.

Di dalamnya juga ada kandungan flavonoid yang berfungsi antiradikal bebas, antikanker, dan antipenuaan. Selain itu juga mengandung yodium yang bisa mencegah penyakit gondok.

Sukaeni membenarkan, semua pohon pisang bisa memproduksi jantung pisang. Namun pilihlah jantung pisang yang baik dan enak untuk dikonsumsi, seperti jantung pisang dari jenis pisang gepok, pisang batu, pisang siam atau pisang klutuk.

“Beberapa jenis jantung pisang ini memiliki rasa yang gurih dan nikmat karena mengandung senyawa protein yang tinggi. Jantung pisang dapat diolah dan dimasak menyerupai sayur lodeh dan sayur gulai. Ditumis dengan bumbu sederhana juga tidak kalah enaknya,” jelasnya.

Agar bisa dinikmati anak-anak, jantung pisang bisa diolah menjadi bola-bola jantung. Caranya, hancurkan jantung dengan dicampur tepung terigu dan tepung sagu secukupnya. Bumbui dengan gula, garam, serta bawang putih. Lalu bentuk menyerupai bola-bola kecil. Celupkan pada kuning telur dan taburi tepung roti. Goreng sampai matang dan siap dihidangkan. [hus]

Sumber : http://www.inilahkoran.com/read/detail/2075009/jantung-pisang-kaya-serat-dan-manfaat

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here