Jampersal Dihapus, Dinkes Pantau Persalinan Medis

0

KABAR SUMEDANG – Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang pada 2014 ini memantau angka persalinan yang ditangani medis agar jangan menurun. Pada 2013 lalu, angka persalinan dengan medis menunjukkan ketercapaian target 112%, yakni dari target 80 poin dapat tercapai hingga 89,94 poin.

Ketercapaian ini karena pada 2013, pemerintah masih meluncurkan program jaminan persalinan (jampersal) yaitu jaminan biaya untuk ibu melahirkan yang dialokasikan di sejumlah bidan dan pelayanan medis lainnya. Tahun ini, jampersal sudah dihapuskan seiring dengan pemberlakuan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Meski demikian, dinkes berharap angka persalinan dengan medis tidak menurun.

“Kami memantau angka persalinan dengan medis mengingat program jampersal yang sudah dihapus namun kini digantikan dengan BPJS atau JKN. Tapi semoga tidak menurunkan angka persalinan dengan medis karena masih bisa dijamin JKN,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, Retno Ernawati, Jumat (11/4/2014).

Menurut Retno, jika diasumsikan pengguna Jampersal adalah keluarga miskin, maka dinkes meyakini angka persalinan dengan medis tidak menurun. Pasalnya, jumlah keluarga miskin yang mendapatkan jaminan kesehatan terus bertambah baik dengan pelayanan Jamkesmas maupun Jamkesda. Sebab, penerima Jamkesmas dan Jamkesda otomatis jadi anggota BPJS Kesehatan. Namun, bagi yang bukan peserta Jamkesmas, Jamkesda masih bisa membantu biaya persalinan dengan medis.

Jampersal diluncurkan bukan hanya untuk keluarga miskin. Siapapun yang belum memiliki jaminan kesehatan bisa menggunakan Jampersal. Program pemerintah ini diberikan guna meningkatkan pelayanan kesehatan ibu melahirkan dan anak guna mencapai Milenium Development Goal’s.

Selain itu, bukan saja tindakan bersalin yang dipantau, Dinkes juga fokus pada pemeriksaan ibu hamil. Angka kunjungan ibu hamil ini sangat rendah karena jumlah bidan desa masih kurang. Tidak semua desa mempunyai bidan desa yang bertuga khusus dan intensif di wilayahnya. [rni]

Sumber: http://www.inilahkoran.com/read/detail/2091089/jampersal-dihapus-dinkes-pantau-persalinan-medis

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here