Jalan Ujungjaya – Cipelang Mulus Tahun ini

1

KABAR SUMEDANG, –  Ruas jalan Ujungjaya-Conggeang diperbaiki tahun ini. Untuk memperbaiki jalan penghubung dua kecamatan ini disiapkan dana Rp 11 miliar.

“Tahun ini jalan Ujungjaya-Conggeang itu diperbaiki memakai dana bantuan provinsi (Banprov) sebesar Rp 11 miliar,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Sujatmoko, Rabu (9/4).

Menurutnya, jalan tembus itu akan dihotmiks dan sebagian lagi memakai beton. “Ada yang diaspal hotmiks dan ada juga yang harus memakai beton karena ada kondisi tanah yang rawan ambles,” katanya.

Untuk  lebih awet, kata Sujatmoko,  jalan Ujungjaya-Conggeang melalui Cipelang itu memakai beton karena kondisi alam di daerah yang berkit-bukit. “Bagusnya sih memang dibeton tapi kalau semuanya dibeton butuh biaya yang lebih besar,” katanya.

Saat ini kondisi jalan ini banyak yang rusak karena selain faktor tanah yang sering ambles, juga kerap longsong di pinggir jalan yang terdiri daru tebing dan juga ada jurang di kiri kananya. Sistem drainase yang buruk karena air kerap masuk ke badan jalan juga memperparah kerusakan jalan ini.

Selain itu, jalan yang memiliki panjang hampir 10 km ini juga sering mengalami kerusakan karena dilalui truk yang mengangkut barang melebihi tonase. “Banyak truk yang mengakut hasil hutan dan juga pasir yang melebihi batas kemampuan jalan,” kata Yaya warga setempat. (std)

Sumber : http://jabar.tribunnews.com/2014/04/09/jalan-ujungjaya-cipelang-mulus-tahun-ini

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here