Inilah Cara Lain Obati Pasien di RSUD Sumedang

0

KABAR SUMEDANG – RSUD Sumedang punya cara lain untuk mengobati pasiennya. Cara ini dinilai efektif untuk mengurangi penderitaan pasien dan meningkatkan kualitas hidup pasien. Cara-cara inilah yang kini banyak digalakan RSUD.

Cara tersebut dengan mendirikan organisasi, komunitas, atau perkumpulan penderita penyakit tertentu. Perkumpulan ini bisa diikuti pasien atau orangtua dan saudara pasien.

Menurut Direktur RSUD Sumedang dr Hilman Taufik, cara ini termasuk tindakan kuratif rumah sakit.

“Kami memang tidak hanya mengobati atau rehabilitatif melainkan preventif, kuratif, dan promotif. Salah satunya dengan membentuk komunitas atau perkumpulan penyakit agar penderita lebih berkualitas menjalani hidup meski didera penyakit,” ujar Hilman, Senin (11/8/2014).

Komunitas yang sudah dibentuk adalah POPTI untuk orangtua dari anak penderita thalasemia. Lalu Bina Ginjal untuk penderita ginjal baik anak-anak maupun dewasa. Serta Klub Diabates Sehat dan Klub Hipertensi Sehat. Komunitas lain adalah untuk penderita epilepsi, gagal jantung, dan HIV.

Menurut Hilman, komunitas ini dibina oleh para ahli mulai dari dokter, psikolog, dan trainer atau motivator. Di setiap pertemuan, orang-orang ini bergantian membina atau mengajak diskusi sehingga kualitas kesehatan dan hidup para penderita membaik. Para keluarga yang mendampingi pun makin semangat memberikan motivasi sehat bagi pasiennya.

Untuk menunjang aktivitas kuratif ini, RSUD Sumedang membangun berbagai pelayanan medis dengan baik. Misalnya, pusat ginjal terpadu dibangun dengan ramah. Keluarga yang menunggu pasein cuci darah dapat tetap melakukan aktivitas kekeluargaan bersama pasien misalnya mengobrol atau mengerjakan sesuatu lainnya.

Ruang transfusi darah bagi penderita thalasemia pun kini tak hanya di satu ruangan kecil saja. Rumah sakit membangun ruangan khusus untuk pasien tersebut. [rni]

Sumber: inilahkoran.com/read/detail/2126372/inilah-cara-lain-obati-pasien-di-rsud-sumedang

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here