Inilah Beragam Eskpresi Mendongeng Anak-anak

0

Sumedang – Beragam ekspresi terpancar dari puluhan anak peserta Lomba Drama Tunggal, Selasa (17/12/2013), di Pendopo Kantor Pemkab Sumedang. Ekspresi mereka keluar ketika sedang membawakan sebuah cerita di hadapan seluruh penonton.

Ekspresi sedih, kecewa, marah, dan kaget sangat terlihat jelas dari wajah mungil anak-anak ini. Dengan eskpresi yang jelas, cerita yang dibawakan mereka dapat mudah dimengerti dan menjadi menarik serta seru. Penonton yang sebagian besar anak-anak SD dan TK pun seolah ikut dalam cerita-cerita tersebut.

Seperti ketika seorang siswa SD dari Kecamatan Rancakalong menyampaikan cerita Legenda Gunung Tangkuban Perahu. Penonton ikut berdebar ketika diceritakan bahwa Sangkuriang belum menyelesaikan pekerjaannya yaitu membuat perahu besar yang diinginkan Dayang Sumbi, sementara hari hampir pagi.

Lain lagi dengan cerita Alya Hamidah. Siswa kelas 3 SD Alhidayah International Green School ini menceritakan Bidadari Bintang. Alya sangat fasih menceritakan tokoh ratu bintang atau yang disebut sebagai bidadari bintang. Terlebih ketika ratu bintang memberi hukuman pada bintang kecil karena telah turun ke bumi untuk menolong anak yang tidak punya cahaya lampu.

Kepala Perpustakaan Daerah Sumedang Asep Tatang mengatakan, anak-anak ternyata mampu menceritakan kembali apa yang telah mereka tangkap dengan membaca. Komunikasinya lancar karena pelafalan dan intonasi yang diucapkan benar.

“Ternyata anak-anak mampu berekpresi dengan baik untuk menceritakan kembali kepada semua oang tentang apa yang diketahui atau dibacanya. Komunikasi mereka lancar karena mereka banyak membaca atau mendapatkan wawasan dengan cara membaca,” tutur Asep.

Lomba mendongeng ini banyak diapresiasi oleh semua sekolah karena termasuk jarang diadakan di Sumedang. Padahal, banyak sekolah yang mempunyai siswa dan siswi berbakat untuk mendongeng atau bercerita. Sekolah juga sangat mengapresiasi Perpustakaan Daerah yang sedang berbenah untuk meningkatkan minat baca dan menjadikan perpustakaan sebagai tempat mencari ilmu. [rni]

Sumber : http://www.inilahkoran.com/read/detail/2057136/inilah-beragam-eskpresi-mendongeng-anak-anak

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here