Infrastruktur Pertanian Tak Hanya Irigasi

0

KABAR SUMEDANG – Infrastruktur penunjangan kegiatan bidang pertanian tak hanya irigas. Tetapi juga menyangkut sarana jalan, yang bisa mengakses hingga areal pertanian.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kab.Sumedang, H.Yosep Suhayat, Minggu (4/1/2015).

Menurutnya, selama ini petani di sejumlah tempat di Kab.Sumedang, mengaku kesulitan untuk memasarkan hasil panen. Hal itu, disebabkan belum adanya dukungan infrastruktur jalan, yang bisa diakses langsung dari areal pertanian yang mereka garap. Sedangkan kecenderungan petani, tidak mau dibuat ribet.

“Akibatnya, petani tidak memiliki posisi tawar, saat musim panen. Sehingga bandar sangat dominan untuk mempermainkan harga. Karena mereka datang langsung untuk membeli hasil panen petani di tempat,” ujarnya.

Menyikapi hal itu, dipandang penting adanya sinergitas dalam menyusun program pembangunan dengan sejumlah institusi terkait, seperti dengan Dinas Pekerjaan Umum.

“Bagaiamana caranya supaya, pembangunan insfrastruktur jalan yang dibangun itu, terjadi sinergitas dengan bidang pertanian. Dan itu sangat penting, karena menjadi bagian dari upaya pemerintah guna meningkatkan pendapatan petani,” tandasnya.

Sumber : galamedianews.com “Ade Hadeli”

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here