Hindari Kecelakaan, Pemberangkatan Bus Dari Ciakar Diperketat

0

KABAR SUMEDANG – Pemberangkatan bus yang bertolak dari Terminal Ciakar Kab.Sumedang, tujuan, Kota Bandung, Jakarta dan sekitarnya diperketat. Sebelum berangkat setiap bus diperiksa kelengkapan surat-surat, serta kondisi kendaraanya yang meliputi, ketebalan ban, sistim pengereman, lampu utama, rem dan sen.

“Selain itu, kita pastikan harus pastikan, kondisi fisik dan kesehatan sopir dalam kedaan prima,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Terminal Ciakar, H.Sule Sulaeman A.Ma.PKB, di ruang kerjanya, Kamis (20/2) di ruang kerjanya.

Pemeriksaan kelengkapan surat-surat dan kondisi fisik kendaraan sangat penting dilakukan, untuk menjamin keselamatan penumpang selama dalam perjalanan. Lebih dari, langkah itu sebagai bentuk antisifasi, bila suatu ketika terjadi hal yang tidak diharapkan, seperti kecelakaan.

“Dari beberapa rangkaian kecelakaan bus, penyebabnya adalah akibat kendala teknis kendaraan. Seperti sistim pengereman tidak berfungsi dengan baik, atau pula karena pecah ban. Maka dari itu, jika ditemukan bus tidak laik jalan, baik dilihat dari kondisi kendaran maupun kelengkapan surat-suratnya tidak beres, tidak akan diizinkan untuk melakukan perjalanan,” tandasnya.

Dalam hal ini, lanjut Sule, bukan berati pihaknya melarang mereka untuk mencari nafkah. Namun tentunya, keselamatan penumpang jauh lebih penting untuk menjadi pertimbangan. Apalagi, jumlah penumpang yang diangkut dalam bus itu, mencapai puluhan orang.

“Secara teknis, kami akan merekomendasikan kepada pemillik perusahaan bus, yang diketahui kendaraanya bermasalah, untuk segera memperbaiki komponen atau mengganti komponen yang rusak, atau mengurus-suratnya yang belum dilengkapi. Pada dasarnya, kebijakan, adalah demi kebaikan bersama, dan sebagai tujuan dari pemerintah untuk menyediakan pelayanan angkutan umum yang aman dan nyaman bagi masyarakat,” imbuhnya. (del)

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/hindari-kecelakaan-pemberangkatan-bus-dari-ciakar-diperketat

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here