Ada Isu Mogok Nasional, Buruh Sumedang Tak Tahu

0

Sumedang – Buruh Sumedang yang tergabung dalam beberapa serikat pekerja tak mengetahui adanya rencana aksi mogok nasional. Aksi itu digelar untuk menuntut kenaikan upah minimum dan masalah ketenagakerjaan lainnya.

Hal itu terungkap ketika sejumlah elemen buruh diundnag dalam rapat koordinasi dalam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah di Kantor Pemkab Sumedang, Jumat (25/10/2013). Ketika membahas rencana aksi tersebut, perwakilan buruh belum tahu apa-apa.

“Saya sendiri dari Serikat Pekerja Nasiona (SPN) belum tahu ada rencana tersebut, karena belum ada komunikasi hingga ke daerah,” kata Sekretaris SPN, Dedi Rusmiadi.

Dedi mengatakan jika Pemkab ingin agar buruh tidak ikut mogok kerja, pihaknya meminta benar-benar serius mengatasi masalah ketenagakerjaan, seperti buruh paruh waktu alias outsourcing. Selain itu, Dedi pun mengeluhkan tidak sesuainya upah buruh dengan UMK, dan tidak mengikutsertakan buruh dalam program Jamsostek.

“Pemkab memangnya mau beri apa kepada kami kalau kami tidak ikut aksi nasional?” tanya Dedi.

Meski begitu, terkait rencana aksi tersebut, hingga kini SPN dan buruh lainnya mengaku belum menyatakan sikap apapun, apakah akan ikut mogok atau tidak.

Sementara Bupati Sumedang Endang Sukandar mengatakan, buruh sebaiknya menyatakan aspirasinya melalui jalur yang tepat, tidak dengan cara mogok kerja. Menurut dia, selain akan mengganggu ketertiban, juga akan menimbulkan kerugian perekonomian.

“Sebaiknya bicara baik-baik jangan mogok kerja, karena kami juga sudah mengerti jika aksi tersebut dilakukan hanya ingin gaji dinaikkan. Kami akan berupaya untuk memenuhi keinginan buruh di Sumedang,” kata Endang. [hus]

Sumber : http://www.inilahkoran.com/read/detail/2041544/ada-isu-mogok-nasional-buruh-sumedang-tak-tahu

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here