Hampir Seluruh Penduduk Sumedang Ikut BPJS

0

KABAR SUMEDANG – Jika pemerintah pusat menargetkan secara nasional peserta BPJS akan mencapai 100 persen jumlah penduduk pada 2019 nanti, rupanya di Sumedang akan tercapai hanya dalam setahun saja sejak BPJS diberlakukan.

Sejak Januari sampai awal Juni ini, sebanyak 90 persen pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Sumedang merupakan peserta BPJS.

“Rupanya di Sumedang dalam jangka waktu setahun saja, hampir seluruh penduduk sudah menjadi peserta BPJS karena sampai saat ini saja hampir 90 persen pasien yang dirawat di RSU adalah peserta BPJS,” kata Direktur RSUD Sumedang, dr. Hilman Taufik, Selasa (3/6/2014).

Hal ini, menurut Hilman, tidak terlepas dari sosialisasi dan publikasi yang dilakukan BPJS dan pelaksana urusan kesehatan seperti Dinas Kesehatan dan rumah sakit untuk mengajak pasien menjadi peserta untuk ikut BPJS.

Sejak berlaku BPJS, rumah sakit memang selalu mengadvokasi pasien yang belum menjadi peserta BPJS untuk mengikuti program ini. Hal ini dilakukan untuk meringankan pasien dari segi biaya.

“Akibat kurang paham, pasien umum selalu tiba-tiba minta keringanan biaya karena ada program BPJS, padahal dia sendiri belum menjadi peserta BPJS. Jadi daripada bermasalah, rumah sakit selalu menawarkan dan mengadvokasi untuk segera menjadi peserta BPJS sesaat setelah mendaftar menjadi pasien rumah sakit,” tutur Hilman. [hus]

Sumber: inilahkoran.com/read/detail/2106101/hampir-seluruh-penduduk-sumedang-ikut-bpjs

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here