Empat Siswa SMPN 1 Cisitu Menjadi Duta Sains ke Singapura

0

KABAR SUMEDANG, – Empat siswa SMPN 1 Cisitu, Kecamatan Cisitu Kabupaten Sumedang yakni Nur Mu­hammad Fikri kelas IX E, Imbar Barnansah (VII-G), Ilma Yunita (IX-F) dan Putri Suciana (IX-E) menjadi duta Kabupaten Sumedang, untuk mengikuti lomba sains tingkat Asia Pasific (The Third life science simposium competition 2014) di Anglo Chinese School Inde­pendent Singapura sampai 29 Maret 2014.

Ke empat siswa tersebut akan bersaing dengan wakil dari 15 negara di antaranya Viet­nam,Laos dan India.

Menurut Kepala Sekolah SMPN 1 Cisitu, Drs Ajat Bah­tiar, MM, lomba bertajuk flash for the future itu akan menjadi ajang menguji kemampuan siswanya terutama penerapan bidang studi IPA dan matematika. “Dalam lomba itu, siswa kita akan membuat roket peluncur (Matcstick roket fire),” ujarnya, Kamis (27/3/2014).

Dikirimnya empat siswa ke Singapura, kata Ajat, hasil dari seleksi di sekolahnya yang dilakukan oleh mentor di bidang tersebut. Dikatakan, Ajat, mengikuti lomba di luar negeri merupakan suatu kebanggaan,terlebih dibidang sains. Karena bisa memperlihatkan bahwa potensi dan ilmu yang dimilik para siswa di daerah bisa bersaing di dunia internasional.

“Banyak bakat terpendam, kalau benar-benar digali dan tentunya dibimbing secara khusus. Alhamdulillah kami konsen akan hal itu,” tutur Ajat.

Selain sebagai penerapan di bidang IPA dan matematika ungkap Ajat, mengikuti lomba tersebut tentunya juga mengasah kemampuan bahasa inggris. Pasalnya, kata Ajat, dalam presentasi nanti pada saat lomba para siswa juga menggunakan bahasa inggris.

“Dari situlah kualitas siswa akan teruji. Jadi semua bidang studi saling mendukung dan kita sudah terapkan hal itu di sekolah,” ujarnya.

Ajat menyebutkan guna menunjang kualitas kemampuan siswa memang diperlukan totalitas dari semua unsur sehingga bisa menciptakan siswa yang cerdas bukan hanya ditingkat nasional tapi level internasional. “Nah dari ke empat siswa ini memang layak menjadi duta. Karena menrupakan siswa yang multi talenta,” ucapnya.

Namun demikian Ajat juga menyadari, kemampuan para siswanya juga berkat dorongan orang tua dan dukungan Dinas Pendidikan yang sudah memberikan izin serta memberikan fasilitas. Selain itu, sambung Ajat momen ini bisa dijadikan pro­yeksi kedepan seperti membuka mitra dengan sekolah di luar negeri kemudian dimung­kinkannya pertukaran pelajar serta saling berkontribusi terhadap studi banding budaya dan lainnya.

“Yang jelas bisa mengulang sukses, karena tahun yang lalu juga siswa kami menjadi juara lima dalam event lomba sains di Singapura,” ujarnya. E-35***KP

Sumber : http://www.kabar-priangan.com/news/detail/13195

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here