Distamben Sumedang Bagikan Kompor Hemat Energi

0

Sumedang – Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Kabupaten Sumedang membagikan 4000 unit kompor hemat energi.

Kompor berbahan bakar kayu tersebut didesain dengan baik sehingga pembakaran terjadi sempurna dan hemat.

Hasil pembakaran atau abu tersimpan terpisah sehingga mudah dikeluarkan atau dibuang jika sudah penuh. Tidak seperti tungku konvensional, tungku hasil produksi sebuah perusahaan swasta ini bisa diatur volume apinya.

“Kompor atau tungku ini sebenarnya dibuat oleh sebuah perusahaan swasta yang bekerjasama dengan pemerintah dalam hal pemasarannya. Karena hemat energi kami berminat untuk membeli tungku tersebut untuk dibagikan kepada masyarakat,” kata Kepala Distamben Sumedang, Surrys Laksana Putra, Minggu (15/12/2013).

Cara kerja kompor ini adalah dengan memasukkan kayu bakar berukuran panjang sekitar 20 cm dan tebal 10 cm pada tempat yang tersedia. Setelah itu, kayu bakar disulur dengan korek api. Setelah benar-benar menyala, api bisa diatur volumenya dengan perangkat yang sudah tersedia.

Kompor ini dibagikan kepada warga miskin secara gratis. Warga harus mengajukan permohonan kepemilikan tungku melalui pemerintahan desa. Pengajuan bisa dilakukan secara kolektif.

“Kompor ini dibagikan gratis dan tidak diperjualbelikan di manapun, hanya ada di Distamben. Warga bisa mengajukan jika ingin memiliki, tapi khusus untuk warga miskin,” kata Surrys.

Oleh karenanya, permohonan harus diajukan melalui pemerintahan desa agar diketahui taraf ekonomi keluarga pemohon.

“Kami nanti akan survei pemohon tersebut apakah betul miskin atau tidak, tapi sebelumnya hal itu sudah disaring sendiri oleh desa,” kata Surrys yang menyebutkan hingga saat ini sudah ada 4000 unit kompor yang disebar kepada warga. [hus]

Sumber : http://www.inilahkoran.com/read/detail/2056505/distamben-sumedang-bagikan-kompor-hemat-energi

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here