Dinas Perindustrian dan Perdagangan Akan Merelokasi Pedagang ke Tempat Penampungan

0

KABAR SUMEDANG, – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kab. Sumedang akan mendahulukan relokasi para pedagang Pasar Sandang Sumedang (PSS) di Jln. Mayor Abdurahman, Sumedang yang sudah menyetujui revitalisasi PSS menjadi pasar semi modern.

Mereka secara bertahap akan direlokasi ke tempat penampungan sementara (TPS) di Taman Telur dan Jalan Tampomas yang lokasinya masih di kawasan PSS.

“Proses relokasi para pedagang ke TPS, akan dilakukan secara bertahap. Kami sudah menjadwalkan relokasi para pedagang yang setuju tanggal 28 Februari nanti,” ujar Kepala Bidang Pasar Daerah, Disperindag Kab. Sumedang, Juni Sujatnika di gedung Induk Pusat Pemerintahan (IPP) Pemkab Sumedang, Jln. Prabu Gajah Agung, Sumedang, Kamis (20/2/2014).

Ia menyebutkan, dari 200 pedagang atau pemilik kios di PSS, yang setuju program revitalisasi PSS menjadi pasar semi modern sebanyak 123 pedagang atau sekitar 60 persen. Pedagang sebanyak itu yang akan direlokasi ke TPS untuk mengisi kios sementara.

“Untuk pemilihan kios sementara di TPS, sudah dilakukan pengundian. Ketika proses relokasi dimulai, mereka akan langsung menempati kios sementara hasil undian tersebut,” tutur Juni.

Dikatakan, meski 123 pedagang sudah setuju dengan revitalisasi PSS menjadi pasar semi modern, Disperindang secara intensif terus melakukan pendekatan persuasif kepada para pedagang. Upaya itu agar para pedagang lebih meyakini dan termotivasi untuk menempati kios sementara di TPS.

Begitupula dengan para pedagang yang masih belum setuju. Disperindag hingga kini terus melakukan pendekatan persuasif supaya mereka memahami dan menyadari pentingnya revitalisasi PSS menjadi pasar semi modern.

Pasalnya, tujuan utama revitalisasi PSS menjadi pasar semi modern semata-mata untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan para pedagang.

“Kami membangun pasar semi modern, tak lain untuk melayani kebutuhan dan kepentingan para pedagang. Kalau pasarnya bagus, nyaman, bersih dan indah, tentunya konsumen betah berbelanja. Pengaruhnya bisa meningkatkan pendapatan mereka juga,” katanya.

Lebih jauh Juni mengatakan, untuk relokasi para pedagang ke TPS, akan difasilitasi langsung oleh Disperindag dan dinas terkait lainnya. Mengingat proses relokasi para pedagang cenderung resisten, Disperindag sudah berkoordinasi dengan Polres Sumedang dan Satpol PP Kab. Sumedang guna membantu pengamanan di lapangan.

“Kami sudah berkoordinasi dengan aparat keamanan untuk membantu pengamanan proses relokasi para pedagang. Mudah-mudahan, pada waktunya proses relokasi tersebut berjalan aman dan lancar,” tuturnya. (A-67/A-89)***

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/node/270989

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here