Dinas Pendidikan Penyebab Opini WDP di Sumedang

0

KABAR SUMEDANG – Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang dituding sebagai salah satu penyebab opini Wajar dengan Pengecualian (WDP) yang diraih Pemkab Sumedang dari BPK RI.

Di dinas ini, terdapat aset senilai Rp 77 miliar yang tidak jelas kepemilikannya dan tidak dapat dipertanggungjawabkan. Hal ini terjadi setiap tahun.

“Jadi penyebab WDP di Sumedang itu adalah Dinas Pendidikan, karena di dinas ini ada aset senilai Rp 77 miliar yang tidak bisa dipertanggungjawabkan setiap tahunnya,” kata Kepala Dinas Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Uus Sundawan, Selasa (1/7/2014).

Menurut Uus, aset itu harus jelas asal-usulnya dan dapat dipertanggungjawabkan secara administratif. Hal ini terjadi karena masih banyaknya tanah tak bersertifikat jelas sebagai aset milik pemkab. Karenanya, pemkab tak mencatat aset tersebut namun digunakan sebagai bangunan pemerintahan.

Uus yang baru dilantik pada 26 Juni 2014 lalu mengatakan, aset tersebut terdiri dari berbagai jenis yang di antaranya aset bergerak dan tidak bergerak berupa gedung sekolah dasar dan lainnya.

Aset tersebut dimungkinkan berasal dari dana di luar APBD, seperti bantuan provinsi dan pusat. Akan tetapi, saat ditelusuri, tidak bisa dibuktikan dengan catatan dan bukti dokumen secara administratif.

Dia mengatakan, selama ini persoalan aset yang tidak jelas pengelolaan dan pendataanya menjadi ganjalan bagi Pemkab Sumedang dalam pembuatan laporan keuangan. Persoalan aset daerah itu seperti mengunci target Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) setiap tahunnya.

Padahal, kata dia, hampir setiap tahun BPK selalu memberi catatan tentang ketidakjelasan aset. Namun nyatanya setiap tahun masalah itu selalu muncul.

Selain faktor ketidakjelasan aset, penyebab lain karena masih ditemukan berbagai penyimpangan.

“Meskipun nilai penyimpangan itu kecil, tetapi menjadi persoalan tersendiri dalam catatan BPK. Untuk itu, kita berharap SKPD terkait segera menindaklanjuti semua temuan BPK. Apa yang direkomendasikan BPK harus segera dilakukan sehingga tahun depan opini WTP akan didapat,” tandasnya. [hus]

Sumber: inilahkoran.com/read/detail/2115411/dinas-pendidikan-penyebab-opini-wdp-di-sumedang

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here